Sukses

Teka-teki Kabinet Jokowi-JK

Hari ini Paspampres telah memeriksa Pelabuhan Tanjung Priok yang diduga sebagai tempat pengumuman nama-nama menteri kabinet Jokowi-JK.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa saja yang akan mengisi kabinet Jokowi-JK hingga kini masih menjadi spekulasi. Namun hari ini Presiden Joko Widodo memanggil sejumlah orang yang diperkirakan sebagai calon menteri di kabinetnya ke istana.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Rabu (22/10/2014), salah satunya yakni Wakil Menteri Keuangan demisioner Bambang Permadi Soemantri Brojonegoro. Menurut Bambang, dirinya dipanggil untuk menjelaskan masalah pengelolaan keuangan negara dan kondisi APBN terakhir. Bukan soal posisi menteri.

Tak hanya Bambang, Ketua DPP Partai Nasdem dan mantan Sekjen Depdagri Siti Nurbaya Bakar juga datang ke istana memenuhi panggilan Jokowi. Siti Nurbaya mengaku hanya berdiskusi seputar pekerjaannya saat menjadi Sekjen Depdagri.

Sebelumnya, Selasa kemarin politisi Partai Hanura Yuddy Chrisnandi juga dipanggil Jokowi ke istana. Kepada wartawan Yudi menyatakan kesiapannya bila ditunjuk menjadi menteri di kabinet Jokowi-JK.

Nama lain yang dipanggil ke istana adalah Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara. Namun Mirza menolak berkomentar soal peluangnya masuk ke dalam kabinet Joko Widodo dan Jusuf Kalla tersebut.

Sementara itu, Wasekjen PKB Lukman Edy membantah mundurnya Muhaimin Iskandar dari bursa menteri karena mendapat tanda merah dari KPK. Menurutnya, Cak Imin mundur lantaran masih menjabat sebagai ketua partai. PKB juga sudah menyiapkan kader lain untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Cak Imin.

Masyarakat sepertinya masih harus menunggu untuk mengetahui siapa saja yang akan menjadi menteri di kabinet Jokowi-JK. Sebab dari 43 nama yang diserahkan ke KPK dan PPATK, ada 8 nama yang diberi warna merah oleh KPK karena diduga terkait kasus korupsi.

Kemungkinan Pengumuman Susunan Kabinet

Sementara itu, pelabuhan international port container di Tanjung Priok, Jakarta Utara hari ini didatangi Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Pengamanan ketat langsung digelar di Dermaga 300 Terminal 3, Pelabuhan Tanjung Priok.

Kedatangan Paspamres tersebut menimbulkan spekulasi di tempat inilah Presiden Joko Widodo akan mengumumkan susunan kabinetnya. Pemilihan Tanjung Priok sebagai tempat pengumuman kabinet diperkirakan untuk menyesuaikan visi Presiden Joko Widodo yang ingin memberikan porsi besar bagi dunia maritim.

Akan tetapi hingga kini belum ada konfirmasi di mana tempat pengumuman nama-nama pengisi kabinet Jokowi-JK akan dilakukan.

Baca juga:

Jokowi Umumkan Kabinet di Pelabuhan Tanjung Priok Malam Ini?

8 Calon Menteri 'Dimerahi' KPK, Jokowi Pilih Nama Baru

Ini Bisik-bisik Jokowi ke Ahok Soal Kabinet

(Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.