Sukses

JK Beberkan Alasan Sulitnya Jokowi Susun Kabinet

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengakui, ia bersama Presiden Jokowi mengalami kesulitan dalam menentukan nama-nama menteri.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengakui, ia bersama Presiden Jokowi mengalami kesulitan dalam menentukan nama-nama menteri. Pengumuman pun sempat ditunda hingga 2 hari setelah keduanya dilantik.

"Tentu kesusahan yang pertama adalah mencari atau memutuskan orang yang punya keahlian, kredibel, leadership, pengalaman yang baik," kata pria yang karib disapa JK di Istana Wapres, Jakarta, Rabu (22/10/2014).

Kesusahan kedua, lanjut JK, adalah bagaimana pemerintah membentuk kabinet yang seimbang antara kelompok teknokrat atau profesional dan profesional yang berasal dari partai.

"Kemudian, bagaimana kita mengharmonisasikan wilayah-wilayah. Ini kan Nusantara, dari Jawa, Sumatera, Kalimantan. Musti sama, agama harus seimbang, ada laki-laki dan ada perempuan," papar mantan Ketua Umum Partai Golkar itu.

Ketika dicecar media, apakah ada masalah kepentingan kelompok dalam menentukan nama menteri, JK pun menjawab dengan nada tegas. "Ada, kepentingan rakyat," imbuh JK.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini