Sukses

Di Mana Jokowi Umumkan Kabinetnya?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan susunan kabinet pemerintahannya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan susunan kabinet pemerintahannya. Namun demikian, Jokowi tak menyebut secara pasti di mana pengumuman tersebut disampaikan.

"Pokoknya secepatnya, jam nanti diberitahu," ujar Jokowi di kediaman dinas gubernur DKI Jakarta Jalan Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (22/10/2014).

Kendati belum memastikan di mana tempat pengumuman kementerian dan siapa menteri yang akan dipilihnya, Jokowi mengisyaratkan, pengumuman tersebut akan disampaikan di tempat terbuka dan bukan di lingkungan Istana Kepresidenan.

"Kalau nggak di Pluit, di Tanah Abang, atau mungkin di Tanjung Priok, mungkin di tempat yang lain. Ini serius saya," kata Jokowi.

Jokowi juga mengaku belum bisa memastikan, apakah pengumuman nama-nama menterinya dilakukan pada pagi, siang, atau sore hari. "Ya bisa pagi, bisa siang, bisa malam. Pokoknya secepatnya," tandas Jokowi.

Sebelumnya beredar kabar kalau Jokowi akan mengumumkan susunan kabinet pemerintahannya di pelabuhan Sunda Kelapa, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Selain di Sunda Kelapa, Jokowi juga kabarnya akan mengumumkan susunan kabinetnya di PT Pelindo, Jakarta Utara.

Pada Selasa 21 Oktober kemarin, Jokowi memanggil beberapa orang ke Istana terkait menteri di kabinetnya. Mereka adalah politisi Partai Hanura Yuddy Chrisnandi, politisi PDIP Aria Bima, mantan Menko Perekomian Chairul Tanjung, mantan Kepala BIN AM Hendropriyono, mantan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Komaruddin Hidayat.

Jokowi juga memanggil Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara, dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.