Sukses

Inilah Sosok Sederhana Ibu Negara, Iriana Jokowi

Saat mendampingi Jokowi sebagai Walikota Solo hingga Gubernur DKI Jakarta, Iriana kerap berkunjung ke masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Blusukan, ternyata bukan hanya menjadi ciri khas Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi. Sang istri, Iriana Joko Widodo ternyata juga gemar blusukan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (22/10/2014), saat mendampingi Jokowi sebagai Walikota Solo hingga Gubernur DKI Jakarta, Iriana kerap berkunjung ke masyarakat walau tak banyak disorot media.

Di balik sosok yang pendiam, Iriana ternyata memiliki jiwa kepemimpinan. Berbagai permasalahan yang ada saat menjabat sebagai Ketua PKK dapat dirampungkan dengan cara musyawarah dan pendekatan dengan penuh kekeluargaan. Bagi penggerak PKK di Solo, Jawa Tengah, akitivitas Iriana sangat diingat karena dekat dengan anggota PKK di tingkat bawah.

Dengan status Ibu Negara yang sudah diembannya, perempuan yang pada 1 Oktober lalu genap berusia 51 tahun itu bertekad untuk melanjutkan kegiatan di bidang sosial, terutama pendidikan. Iriana berniat mengembangkan perpustakaan desa.

Iriana Jokowi dikenal sebagai penggemar batik. Dalam pilihan busana, Iriana lebih senang tampil dalam kesederhanaan, sama seperti sang suami Jokowi.

Hal itu juga terlihat dari penggunaan make up dan gaya rambutnya yang terbilang sederhana. Dan ternyata, pilihan busana Iriana yang sederhana itu sangat disukai sang suami, Jokowi.

Iriana bukanlah tipe yang aktif berpolitik. Keterlibatan Iriana saat kampanye pemilihan presiden (Pilpres) 9 Juli lalu hanya untuk meyakinkan masyarakat untuk memilih Jokowi. Tahapan itu sudah dilewatinya dan kini Ia mendampingi Jokowi memimpin negeri ini.

Meski begitu, peran sang suami masih terlihat, termasuk memilih warna baju saat acara Pelantikan Presiden 20 Oktober lalu di Gedung MPR. Iriana Jokowi kini telah menjelma dari wanita sederhana menjadi Ibu Negara. (Ado)

Baca Juga:

Gaya 'Jawa Klasik' Iriana Jokowi Disebut Mirip Ibu Tien Soeharto

Akankah Kebaya Kutu Baru Iriana Jokowi Jadi Booming?

Foto Pasangan Presiden Jokowi-JK Laris Manis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Hj. Iriana atau juga dikenal dengan Ibu Iriana Joko Widodo adalah istri dari Presiden Indonesia ketujuh, Ir. H. Joko Widodo.
    Hj. Iriana atau juga dikenal dengan Ibu Iriana Joko Widodo adalah istri dari Presiden Indonesia ketujuh, Ir. H. Joko Widodo.

    Iriana Jokowi