Sukses

Dukung ISIS, Jubir Taliban Dipecat

ISIS dan Taliban dikenal tidak saling mendukung dan berseberangan dalam sejumlah pandangan.

Liputan6.com, Islamabad - Kelompok pemberontak radikal di Pakistan, Taliban mengambil langkah mengejutkan. Grup radikal tersebut dilaporkan memecat juru bicaranya, Shahidullah Shahid.

Shahid diduga kuat dipecat karena menyampaikan dukungannya secara terbuka kepada kelompok radikal lain, ISIS. Walau sama-sama memegang paham radikal, ISIS dan Taliban dikenal tidak saling mendukung dan berseberangan dalam sejumlah pandangan.

Konfirmasi mengenai pemecatan Shahid telah dipastikan oleh Taliban. Namun, mereka belum bisa memastikan siapa sosok yang akan menggantikan tempat dari Shahid. Demikian yang dilansir BBC, Selasa (21/10/2014).

Pihak Taliban menjelaskan, Shahidullah Shahid adalah nama lain atau bukan nama sebenarnya. Sementara nama asli dari mantan juru bicara tersebut adalah Sheikh Maqbool.

"Sheikh Maqbool bukanlah Shahidullah Shahid," demikian pernyataan Taliban kepada surat kabar Dawn.

Pemecatan tersebut mengemparkan Pakistan. Beberapa pengamat di negara tetangga India itu menduga pemecatan tersebut menunjukkan adanya persaingan terbuka antara ISIS, Taliban, Al Qaeda dan beberapa kelompok radikal lain.

Sebelumnya, selain Shahid, 5 orang anggota Taliban lainnya menyatakan dukungan terbuka kepada ISIS. Hal tersebut dinilai merupakan tamparan keras bagi Taliban. Pasalnya, tidak hanya mendukung ISIS, 6 anggota tersebut mulai meragukan Pemimpin Taliban, Mullah Mohammad Omar. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini