Sukses

Mantan PM Australia Gough Whitlam Meninggal Dunia

Gough Whitlam merupakan salah satu Perdana Menteri yang paling berjasa membangun ekonomi dan politik Australia.

Liputan6.com, Sydney - Mantan Perdana Menteri (PM) Australia Gough Whitlam dilaporkan telah mengembuskan napas terakhirnya. Whitlam meninggal dunia pada usia 98 tahun.

Kabar mengenai kematian Whitlam pertama kali disampaikan oleh keluarga sang mantan PM. Tak berapa lama, Otoritas Negeri Kanguru pun segera mengonfirmasi kabar duka ini.

"Kami mengenangnya semasa hidup sebagai seorang Tentara di Angkatan Udara, anggota parlemen, PM dan seorang Duta Besar," sebut pernyataan resmi Pemerintah Australia seperti dikutip dari CNN, Selasa (21/10/2014).

"Gough Whitlam merupakan 'raksasa' di zamannya," sambung pernyataan tersebut.

Whitlam merupakan salah satu PM yang paling berjasa membangun ekonomi dan politik Australia. Semasa dia memerintah, beberapa kerja sama internasional berhasil dicapai.

Salah satu jasa Whitlam di bidang kerja sama dengan luar negeri yang paling dikenang adalah ketika dia membuka jalan kerja sama dengan China. Hal itu dinilai sangat penting bagi Australia hingga sekarang. Sebab, China merupakan mitra perdagangan terbesar bagi Australia. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.