Sukses

Sampah Syukuran Rakyat Pelantikan Jokowi Diprediksi Capai 100 Ton

Kisaran volume sampah saat pesta Syukuran Rakyat usai pelantikan Jokowi-JK, tak jauh beda dengan perayaan Tahun Baru 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Acara Syukuran Rakyat yang digelar relawan Presiden Joko Widodo alias Jokowi di kawasan Jalan Sudirman - MH Thamrin hingga Monumen Nasional (Monas), menyisakan tumpukan sampah. Ribuan warga yang turut dalam acara tersebut meninggalkan sampah yang diperkirakan mencapai 100 ton.

"Masih prediksi ya. Sebab, belum semua masuk ke TPST Bantargebang. Jadi jumlah timbangan riil belum ada,‎" ujar Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Saptastri Ediningtyas Kusumadewi, saat dihubungi, Selasa (21/10/2014).

Menurut Tyas, sapaan Saptastri, perkiraan tersebut karena banyaknya warga yang mendatangi kirab pasca-pelantikan Jokowi-Jusuf Kalla (JK), 20 Oktober kemarin. Kisaran volume sampah saat pesta Syukuran Rakyat ini, tak jauh beda dengan perayaan Tahun Baru 2014 yang digelar di tempat yang sama.

"Prediksinya sekitar 80-100 ton sampah. Kisarannya sama seperti volume sampah saat Jakarta Night Festival malam tahun baru," kata dia.

Usai acara Syukuran Rakyat, Tyas mengatakan, pihaknya langsung mengerahkan tenaga kebersihan untuk menyapu jalan dan trotoar yang dipenuhi berbagai jenis sampah rumah tangga. Pembersihan dilakukan saat acara masih berlangsung yaitu pukul 14.00, pukul 00.00 WIB dan setelah acara berakhir pukul 05.00 WIB.

"Pokoknya selama massa telah mencair, maka kami lakukan pembersihan lagi. Pagi tadi kita bilas lagi, agar jalan benar-benar bersih dari sampah maupun bau sampah,‎" kata dia.

Selain petugas Dinas Kebersihan, Tyas mengatakan, pihaknya juga mendapat bantuan tenaga kebersihan dari relawan dan panitia acara Syukuran Rakyat. Salah satu pihak yang membantu membersihkan sampah, yaitu Budha Tzu Chi yang mengerahkan 500 relawan.

Saat acara berlangsung, lanjut Tyas, para relawan tersebut membagikan 3 ribu kantong sampah dan memungut sampah setelah massa membubarkan diri.  "Untuk kami sendiri mengerahkan seribu petugas kebersihan untuk membersihkan lokasi acara."

"Dinas kebersihan juga juga menyiapkan 22 unit truk sampah, 15 unit toilet mobil, 3 unit truk tangki air bersih, dan 3 unit truk tangki air kotor," papar dia.

Pihaknya juga mengerahkan mobil penyuluhan masyarakat, yang akan mengingatkan warga membuang sampah ke tempatnya. "Kita juga siapkan ribuan tempat sampah di lokasi selebrasi bagi presiden dan wakil presiden baru tersebut."

"Memang di sepanjang Jalan Sudirman - MH Thamrin sebenarnya sudah terpasang tempat-tempat sampah, namun  kami perbanyak, terutama di setiap kursi taman dan halte," pungkas Tyas. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.