Sukses

Wakil Ketua DPR: Semoga Pemilihan Komisi Lebih Cair

Rapat paripurna DPR untuk menentukan penetapan pimpinan dan anggota di alat kelengkapan digelar hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Rapat paripurna yang salah satu agendanya menentukan penetapan anggota fraksi-fraksi pada alat kelengkapan DPR digelar hari ini. Wakil Ketua DPR Agus Hermanto berharap, pemilihan pimpinan komisi serta penentuan anggota komisi-komisi berlangsung lebih cair karena sempat tertunda dan diwarnai perdebatan.

"Mudah-mudahan nanti (pemilihan pimpinan Komisi) bisa lebih cair dan lebih bagus," ujar Agus di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (21/10/2014).

Agus mengatakan, pemilihan pimpinan DPR tersebut bisa berjalan secara musyawarah mufakat meski masih sah untuk dilakukan voting. "Semua itu bisa saja, tergantung bagaimana nanti di rapat pemilihan komisi. Kita hanya ingin suasana lebih teduh," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bendahara Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menyatakan, partainya akan mengacu pada ketentuan Tata Tertib (Tatib) dan UU MD3 terkait pemilihan pimpinan alat kelengkapan dewan. Bila nanti musyawarah mufakat tidak tercapai, maka voting dengan sistem paket sangat terbuka.

Bambang menegaskan, Partai Golkar mengincar 4 ketua di alat kelengkapan dewan. "Golkar ambil Ketua Komisi II, III, dan VII serta Banggar," jelas dia.

Dalam rapat paripurna yang digelar Kamis 16 Oktober 2014, anggota Dewan sepakat tidak ada pemekaran Komisi DPR. DPR periode 2014-2019 tetap terdiri dari 11 Komisi, sedangkan penentuan anggota alat kelengkapan ditunda karena banyak fraksi yang belum menyerahkan daftar namanya ke Setjen DPR. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.