Sukses

Pedagang Berlian India Bagi-bagi Ratusan Mobil & Apartemen

Savji Dholakia si pedagang berlian menghadiahkan 491 mobil, 525 berlian dan 200 apartemen ke pegawainya.

Liputan6.com, New Delhi - Seorang pedagang berlian di negara bagian Gujarat India memberikan pegawainya kendaraan, perhiasan, dan rumah senilai US$8 juta atau sekitar Rp 96 miliar. Semua itu dihadiahkannya, sebagai hadiah karena telah memenuhi target produksi.

Savji Dholakia, yang menjalankan perusahaan ekspor berlian di Kota Surat, menghadiahkan 491 mobil, 525 berlian, dan 200 apartemen juga dalam rangka memperingati Hari Hindu, Diwali.

"Lebih 1.200 dari 7.500 pegawainya di dunia menikmati hadiah ini," lapor wartawan BBC Ankur Jain, Selasa (21/10/2014).

Dholakia memberikan hadiah besar-besaran kepada pegawainya sejak 2012. Ketika itu dia memberikan mobil kepada tiga pegawainya.

Tahun berikutnya pada 2013, ia kembali menghadiahi mobil kepada 72 pegawainya.

Perusahaannya, Hrishikesh Exporters, adalah salah satu dari eksportir berlian terkemuka di Surat dan memiliki sejumlah kantor di Amerika Serikat, Belgia, dan Cina.

"Perusahaan ini mendapatkan keuntungan karena Anda. Jika anda bahagia, maka kita akan semakin maju. Anda seharusnya menikmati keuntungan yang saya dapatkan," ucap Dholakia.

Salah satu karyawan Dholakia, Nareshbhai Maini yang menerima perhiasan, mengatakan ia telah diberi mobil tahun lalu atas pencapain target yang dilakukannya.

"Tidak ada batasan untuk kebahagiaan kami. Tahun ini, perusahaan memberikan mobil kepada orang-orang yang telah menerima rumah atau perhiasan sebelumnya, dan rumah untuk orang-orang yang telah menerima mobil dan perhiasan," ujar Maini.

"Ada banyak pekerja mendapat mobil, kini mereka harus belajar mengemudi," tambah Maini.

Surat adalah pusat perdagangan berlian India yang sedang berkembang. Lokasi itu merupakan tempat berlian kasar diproses dan diekspor.

Hampir 400.000 orang terlibat dalam proses memotong dan memoles berlian di lebih dari 2.500 pabrik di Surat, India.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini