Sukses

Pesta Rakyat Jokowi Diakhiri Pelepasan Lampion di Berbagai Daerah

Satu persatu lampion di udara sekitar Monumen Nasional (Monas) di lepas Presiden Jokowi usai menyampaikan pidato kerakyatan.

Liputan6.com, Solo - Satu persatu lampion di udara sekitar Monumen Nasional (Monas) di lepas Presiden Jokowi usai menyampaikan pidato kerakyatan dihadapan ribuan warga yang hadir pada malam pesta rakyat, Senin 20 Oktober kemarin.  

Namun panitia membatasi pelepasan lampion di Monas karena kawasan ini termasuk jalur penerbangan. Namun demikian pelepasan lampion juga dilakukan di sejumlah kota.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (21/10/2014), sebagai pengganti puncak acara syukuran, sebanyak 17 ribu lampion dilepas di 31 kota di Indonesia.

Pelepasan lampion ini merupakan bagian rangkaian acara pesta rakyat yang digelar di kawasan Monas Jakarta. Sebelumnya juga dilakukan acara potong Nasi Tumpeng Nusantara yang langsung dilakukan Presiden Jokowi. Acara bukan sekadar memberi hiburan tetapi juga melepas keinginan rakyat bertemu mantan Gubernur DKI Jakarta.

Acara yang berlangsung sejak pukul 3 sore ini tidak tampak wakil Presiden Jusuf kalla. Kendati demikian pesta rakyat ini mampu menyedot perhatian ribuan warga yang datang dari Jakarta dan sekitarnya.

Pelepasan lampion juga berlangsung di berbagai daerah di Indonesia dalam rangka merayakan pelantikan Presiden dan Wakil  Presiden yang baru Jokowi-JK. Di Bali sebanyak 500 lampion diterbangkan ke udara, sementara di Pacitan, Jawa Timur sebagai apresiasi  atas kepemimpinan Presiden Bambang Yuhoyono selama 10 tahun, ratusan warga Pacitan melepas 1.000 lampion .

Dengan menerbangkan sedikitnya 500 lampion ke udara di Lapangan Puputan, Badung, Denpasar sebagai ungkapan turut bahagia atas pelatikan pemimpin baru Indonesia.

Warga berharap agar Jokowi membawa bangsa Indonesia bersaing dengan bangsa lain, karena hal itu  wujud dari revolusi mental yang sering di dengungkan oleh Jokowi.

Warga juga mendengarkan Pidato SBY di sebuah layar lebar. Dalam pidatonya, SBY berpesan agar warga khususnya warga  Pacitan tetap dan terus bersemangat bekerja dan berjuang demi kemakmuran rakyat.

Puncak acara mereka menggelar panggung hiburan rakyat. Selain menyanyikan sejumlah lagu nasional mereka juga menyanyikan
Lagu-lagu khusus ciptaan SBY. (Mut)


Baca juga:

Jokowi-JK Dilantik, Langit Solo dan Denpasar Dihiasi Lampion

Ahok akan Sambut Jokowi-JK di Pesta Rakyat

Pelantikan Jokowi, Ada 400 Lampion '7 a New Hope' di Yogya

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini