Sukses

ICW: Calon Menteri Bermasalah, Jokowi Harus Tunda Umumkan Kabinet

ICW menilai masih ada beberapa nama dari 43 figur calon menteri yang diusulkan Jokowi diragukan integritas maupun komitmen antikorupsinya.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesian Corruption Watch (ICW) menilai masih ada beberapa nama dari 43 figur calon menteri atau pejabat setingkat menteri yang diusulkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) masuk kabinet diduga bermasalah karena diragukan integritas maupun komitmen antikorupsinya.

'Figur calon menteri yang diragukan tersebut potensial menjadi tersangka korupsi dan diberitakan memiliki rekening atau transaksi keuangan yang mencurigakan," ujar Koordinator Badan Pekerja ICW Ade Irawan dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Senin (20/10/2014).

Karena itu, ICW meminta Jokowi untuk tidak mengumumkan jajaran kabinetnya sebelum bisa dipastikan nama-nama yang masuk daftar itu bisa dipastikan tidak bermasalah di kemudian hari.

"Kami mendesak Jokowi untuk menunda pengumuman kabinet hingga ada kepastian figur-figur yang terpilih adalah yang terbaik dan tidak memiliki masalah hukum atau integritas," ujar Ade.

ICW menilai Jokowi tidak perlu terburu-buru mengumumkan kabinetnya karena peraturan yang ada memungkinkan untuk itu. "Apalagi dalam UU Kementerian jelas diatur bahwa presiden punya waktu 14 hari setelah pelantikan untuk mengumumkan kabinetnya," pungkas Ade.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.