Sukses

Demokrat Bali: Terima Kasih SBY, Selamat Bekerja Jokowi

Sejak 2 hari terakhir, ribuan spanduk bertuliskan 'Terima Kasih SBY, Selamat Bekerja Jokowi' bertebaran di Bali.

Liputan6.com, Denpasar - Ada pemandangan menarik sejak dua hari terakhir di Kota Denpasar, Bali. Itu lantaran bertebaran spanduk bertuliskan 'Terima Kasih SBY, Selamat Bekerja Jokowi'. Adalah Partai Demokrat yang memasang ribuan spanduk tersebut.

"Itu gerakan spontan dari kader kami di seluruh Bali," kata Ketua DPD Demokrat Bali, I Made Mudarta saat ditemui di Denpasar, Senin (20/10/2014).

Menurut dia, pemasangan spanduk itu merupakan contoh yang tengah ditunjukkan partainya kepada publik tentang cara berpolitik santun dan damai.

"Tradisi ini harus dipertahankan dan dibudayakan. Kami sebagai lawan politik saat pilpres lalu memberikan ucapan selamat, itu kan bagus. Kalau dari pendukung dan relawan Pak Jokowi itu biasa," kata dia.

Pemasangan spanduk tersebut bagi Mudarta bisa menjadi tolok ukur jika proses demokratisasi di Indonesia semakin matang dan dewasa. Usai kontestasi pada pilpres lalu, Mudarta mengajak semua pihak untuk bersatu padu, bergotong royong membangun bangsa.

"Mari kita kawal pemerintahan Jokowi. Sepanjang itu pro-rakyat, sesuai visi dan misi saat kampanye, mari itu kita dukung. Kalau bertentangan, tentu harus diberi masukan, kritisi. Itu sesuai karakter budaya Indonesia," tegas Mudarta.

Menurut dia, pemasangan spanduk tersebut merupakan tradisi baru setelah Indonesia 69 tahun merdeka. Mudarta mengaku mendapat respons positif atas pemasangan spanduk tersebut. Masyarakat, utamanya politisi partai pendukung Jokowi-JK, memberikan pujian atas pemasangan spanduk tersebut.

"Setelah dipasang respons sangat bagus. Ada banyak SMS (pesan singkat telepon seluler) dan BBM (BlackBerry Messenger), isinya pujian. 100 persen memuji. Sebagian besar justru datang dari pendukung Jokowi," papar pengusaha muda asal Jembrana itu.

Apalagi, masyarakat memang menginginkan estafet kepemimpinan dari SBY ke Jokowi berjalan dengan damai, tenang dan sejuk. "Mereka menginginkan peralihan estafet kepemimpinan nasional yang damai, tenang, menyejukkan. Spanduk ini disambut dengan antusias dan sangat positif dari masyarakat," tutup Mudarta. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini