Sukses

300 Relawan Siap Punguti Sampah di Pesta Rakyat Pelantikan Jokowi

Pasukan semut berasal dari Bandung, Bogor, dan beberapa daerah lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Sampah menjadi salah satu masalah penting yang kerap dilupakan penyelenggara acara. Tapi, saat Syukuran Rakyat dan Konser Salam 3 Jari di Monas, Jakarta Pusat, panitia menyiapkan pasukan khusus untuk memungut sampah.

Pasukan itu dikenal sebagai pasukan semut. Pasukan ini terdiri dari 300 personel yang berasal dari elemen relawan pendukung Jokowi-JK. Mereka tak hanya berasal dari Jakarta, para relawan ini juga berasal Bandung, Bogor, dan beberapa daerah lainnya.

"Mereka merupakan relawan dari kalangan pemerhati lingkungan hidup. Dan ini merupakan inisiatif dari relawan yang dikoordinir oleh satu orang," kata Humas Koordinator Nasional Syukuran Rakyat dan Konser Salam 3 Jari, Chatarina Widyasrini, di lokasi, Senin (20/10/2014).

Pasukan ini, kata dia, akan memunguti sampah yang tidak tertampung di kantong dan tempat sampah yang telah disediakan. Dalam aksi ini, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI serta Dinas Kebersihan DKI.

Sebelum memunguti sampah di area Konser Salam 3 Jari, Rini mengatakan, pasukan semut juga turut mengikuti iring-iringan pawai budaya yang mengantarkan Jokowi-JK dari Bundaran Hotel Indonesia ke Istana Negara.

"Mereka juga memunguti sampah yang mungkin dihasilkan sepanjang Bundaran HI hingga Istana Negara," tutup Rini. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini