Sukses

Saat Jokowi-JK Panas-panasan Naik Kereta Kuda

Di kereta kuda, Jokowi dan JK terus melambaikan tangan dan melempar senyum kepada warga yang menyaksikan dari sisi kanan dan kiri jalan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menaiki kereta kuda dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) hingga Istana Merdeka, Jakarta.

Jokowi dan JK menumpangi satu kereta kuda yang ditarik oleh 2 ekor kuda betina di Bundaran HI, Jakarta, Senin (20/10/2014). Sementara istri Jokowi dan JK, yaitu Iriana dan Mufidah menaiki kereta kuda berbeda di belakangny‎a. Perjalanan para petinggi negara tersebut dikawal ketat oleh polisi.

Selama perjalanan dari Bundaran HI hingga Istana, terik Matahari begitu menyengat dan panas. Pantauan Liputan6.com melalui alat pengukur suhu udara digital, suhu udara di sekitar Bundaran HI hingga Istana Merdeka mencapai 39 derajat Celcius.

Namun demikian, Jokowi dan JK terlihat terus melambaikan tangan dan melempar senyum kepada warga yang menyaksikan dari sisi kanan dan kiri jalan. Jokowi pun kerap beberapa kali menunjuk warga yang melambaikan tangan dan mengambil gambar dirinya.

Beberapa warga bahkan sempat menarik baju Jokowi yang melintas dengan kereta kuda. Namun para Paspampres yang mengawal kereta Jokowi dan Ibu Negara terus bersiaga menjaga Jokowi dan menghalau warga yang berupaya menarik Jokowi dari atas kereta kuda.

"Pak Jokowi! Hidup Pak Jokowi!" seru belasan ribu rakyat yang menonton prosesi kirab Jokowi-JK.

Wakil Presiden Jusuf Kalla yang telah berusia 72 tahun juga terlihat melambaikan tangan dan senyum kepada rakyat yang menyapanya. Akan tetapi, beberapa kali, JK terilihat duduk dan mengusap keringat yang mengucur dari wajahnya.

JK terlihat terengah-engah dan sedikit kelelahan. Seorang ajudan JK bernama Yadi langsung memberikan punggungnya agar JK dapat berpegangan, sehingga tidak jatuh bila ada goncangan. Sementara di belakang Jokowi dan JK berdiri ajudan dari TNI.

Setelah menempuh perjalan dari sekitar 30 menit, Jokowi-JK dan istri kemudian tiba di Istana Merdeka. Rakyat yang mengiringinya dari Gedung MPR, Bundaran HI, hingga Istana Merdeka kemudian dihentikan langkahnya oleh pasukan gabungan dari TNI dan Polri. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini