Sukses

PM Abbott: Suatu Kehormatan Berada di Pelantikan Jokowi

Perdana Menteri (PM) Australia Tony Abbott tak dapat menyembunyikan kegembiraannya dapat hadir di pelantikan Jokowi Presiden 2014 Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Perdana Menteri (PM) Australia Tony Abbott tak dapat menyembunyikan kegembiraannya dapat hadir di pelantikan Jokowi Presiden 2014 Indonesia. Ia merupakan satu di antara beberapa pemimpin negara yang hadir dalam acara bersejarah ini.

"Merupakan suatu kehormatan berada di sini, dan ini antusiasime yang positif bagi indonesia," sebut PM Abbott setalah menghadiri pelantikan Jokowi di Gedung MPR/DPR, Senin (20/10/2014).

"Saya menaruh harapan dan optimisme yang besar (kepada Jokowi)," sambung dia.

PM Abbott pun mendeskripsikan Jokowi sebagai presiden muda yang membawa era baru bagi Indonesia. Secara tegas ia juga menyebut negaranya akan selalu menjadi sahabat.

Selain pujian kepada Jokowi, kepala pemerintahan yang acap kali mengunjungi Tanah Air ini, juga memuji kepemimpinan yang ditunjukan mantan Presiden SBY.

"Presiden Yudhoyono merupakan presiden yang hebat," tutur PM Abbott.

Sebelumnya, PM Abbott mengatakan pelantikan Jokowi merupakan hal penting bagi Australia. Di mata Negeri Kanguru, Indonesia merupakan negara besar dengan populasi warga muslim terbanyak yang berhasil menjalankan demokrasi dengan baik.

"Pelantikan (Jokowi) ini penting bagi kami. Indonesia adalah tetangga kami yang sangat penting karena Indonesia merupakan negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, negara dengan demokrasi terbesar ke-3 di dunia, dan akan muncul sebagai negara adidaya di Asia," ujar Abbott.

Dia menilai, pemilu 2014 yang digelar di Indonesia berjalan sukses dan transisi pemerintahan dari SBY ke Jokowi telah berlangsung dengan baik. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini