Sukses

PM Malaysia: Jokowi Dilantik, Ini Pertanda Baik

Selain PM Malaysia Najib Razak, Sultan Brunei Darussalam Hasanal Bolkiah juga menyampaikan ucapan selamat untuk Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak mengucapkan selamat kepada Joko Widodo (Jokowi) yang baru saja dilantik sebagai Presiden ke-7 RI untuk masa jabatan 2014-2019.

Menurut dia, terpilihnya Jokowi sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan baru merupakan pertanda baik bagi hubungan antara Indonesia dengan Malaysia.

"Saya ucapkan selamat menjalankan tugas bagi pemimpin baru (Indonesia), Pak Jokowi dan Pak Jusuf Kalla," ucap Najib usai menghadiri pelantikan Jokowi di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Senin (20/10/2014).

"Ini semua pertanda baik dan mudah-mudah hubungan Indonesia dan Malaysia semakin maju ke depannya, baik di bidang politik dan ekonomi," imbuh dia.

Selain PM Najib, Sultan Brunei Darussalam Hasanal Bolkiah juga menyampaikan ucapan selamat untuk Jokowi. Dia juga berharap hubungan Brunei dengan RI akan terus berlangsung dengan baik di bawah nakhoda pemerintahan Jokowi.

"Saya ucapkan selamat kepada presiden baru," kata Sultan Bolkiah. "Hubungan Indonesia dengan Brunei begitu elok dan semoga di masa yang akan datang (juga begitu), insya Allah."

Dalam pidato pelantikannya di depan PM Najib, Sultan Bolkiah, Menlu Amerika Serikat John Kerry, Menteri Negara Belanda Herman Tjeenk Willink, dan sejumlah pemimpin negara tetangga, Jokowi menegaskan sikap Indonesia.

"Saya menegaskan di bawah pemerintahan kami, Indonesia sebagai negara terbesar ketiga, dengan penduduk muslim terbesar di dunia, sebagai bagian dari Asia Tenggara, kami akan melaksanakan politik bebas aktif, yang diabdikan pada kepentingan nasional, dan ikut menciptakan ketertiban dunia," ujar Jokowi. (Ein)

Baca juga: Jokowi: Sosok 'Ndeso', Otak Global

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.