Sukses

Usai Pelantikan Presiden 2014, Jokowi Salami Anggota MPR

Acara ini sebelumnya tidak pernah terjadi dalam pelantikan presiden-presiden RI terdahulu. Acara salaman ini merupakan permintaan Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-7 RI Joko Widodo atau Jokowi menyalami satu per satu anggota MPR usai dilantik sebagai presiden RI periode 2014-2019. Pelantikan Jokowi berlangsung di Gedung MPR/DPR/DPD di Senayan, Jakarta Pusat. Hadir dalam pelantikan itu semua pemimpin dan mantan pemimpin di republik ini. Termasuk rival Jokowi saat Pilpres Juli lalu, Prabowo Subianto.

Acara menyalami anggota MPR ini sebelumnya tidak pernah terjadi dalam pelantikan presiden-presiden RI terdahulu. Penyalaman anggota MPR ini merupakan permintaan Jokowi.  

Saat Jokowi mulai menyalami anggota majelis yang duduk di barisan depan, anggota majelis lainnya langsung berdiri di sisi jalan yang akan dilewati Jokowi dan satu per satu menyalami Presiden baru RI itu. Mantan presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ikut serta berjalan di belakang Jokowi.

Pelantikan Presiden 2014 ini dihadiri oleh semua pimpinan dan mantan pimpinan RI, termasuk rival Jokowi saat Pilpres Juli lalu yakni Prabowo Subianto.

Di penghujung pidato perdananya sebagai presiden, Jokowi mengutip kata-kata presiden pertama RI Sukarno agar bangsa Indonesia memiliki jiwa cakrawati samudera, yakni jiwa pelaut yang berani mengarungi gelombang dan hempasan ombak yang menggulung.

"Sebagai nakhoda yang dipercaya oleh rakyat saya mengajak  semua warga bangsa untuk naik ke atas kapal RI dan berlayar bersama menuju Indonesia raya," kata Jokowi. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.