Sukses

Pidato Perdana Presiden, Jokowi Kutip Kata-kata Bung Karno

Jokowi mengajak rakyat saya mengajak semua warga bangsa untuk naik ke atas kapal RI dan berlayar bersama menuju Indonesia raya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-7 RI Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan bangsa Indonesia agar memiliki jiwa cakrawati samudera seperti yang telah disampaikan Presiden pertama RI, Sukarno.   

"Mengakhiri pidato ini, saya megajak saudara-saudara untuk mengingat satu hal yang pernah disampaikan oleh Presiden pertama RI, Bung Karno bahwa untuk membangun Indonesia menjadi bangsa yang besar, bangsa yang kuat, bangsa yang makmur, dan bangsa yang damai kita harus punya jiwa cakrawati samudra," kata Jokowi di penghujung pidato kepresidenannya, di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Senin 20 Oktober 2014.  

Jiwa Cakrawati yang dimaksud yakni jiwa pelaut yang berani mengarungi gelombang dan hempasan ombak yang menggulung.

"Sebagai nakkoda yang dipercaya oleh rakyat saya mengajak semua warga bangsa untuk naik ke atas kapal RI dan berlayar bersama menuju Indonesia raya. Kita akan kembangkan layar yang kuat, kita akan hadapi semua badai dan gelombang samudera dengan kekuatan kita sendiri."
 
Jokwoi kemudian menutup pidatonya dengan mengatakan, "Saya akan berdiri di bawah kehendak rakyat dan konstitusi. Semoga Tuhan yang Maha Esa senantiasa merestui upaya luhur kita bersama. Semoga Tuhan memberkati."

Jokowi dilantik bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Selain dihadiri semua pimpinan dan mantan pimpinan RI, pelantikan ini juga dihadiri rival Jokowi saat pilpres Juli lalu yakni Prabowo Subianto. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini