Sukses

Alasan Belanda Kirim Menteri ke Pelantikan Jokowi

Belanda sebagai satu-satunya negara Eropa mengirim seorang Menteri Negara dan bukan Duta Besar. Ada alasan di balik itu.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kepala pemerintahan dan utusan negara menghadiri pelantikan Joko Widodo (Jokowi) Senin, 20 Oktober 2014. Salah satunya adalah Menteri Negara Herman Tjeenk Willink.

"Belanda sebagai satu-satunya negara Eropa mengirim seorang Menteri Negara dan bukan Duta Besar," demikian keterangan pers yang dikeluarkan Kedutaan Besar Belanda di Indonesia.

Ada alasan mengapa Amsterdam mengirimkan seorang menteri ke pelantikan Jokowi. "Dengan demikian Belanda menggarisbawahi pentingnya hubungan bilateral dengan Indonesia."

Sebelumnya, Perdana Menteri Belanda Mark Rutte telah menyampaikan ucapan selamat kepada Jokowi baru atas kemenangannya.

"Belanda ingin terus mengembangkan hubungan yang sangat baik dan ingin menjalin hubungan yang lebih luas dan yang tertuju pada masa depan dengan Indonesia selama masa jabatan Presiden Jokowi," demkikian keterangan Kedubes Belanda.

Terkait arti penting Indonesia, PM Australia Tony Abbott bahkan menyempatkan diri datang. Dia mengatakan, kehadirannya merefleksikan arti penting Indonesia untuk Negeri Kanguru.

"Inagurasi tersebut adalah peristiwa penting bagi Indonesia, juga Australia karena RI adalah tetangga yang sangat penting," kata Abbott dalam pernyataannya seperti dimuat Xinhua, Senin (20/10/2014).

"Lebih dari 1 juta warga Australia mengunjungi Indonesia, termasuk Bali, tiap tahun. Dan lebih dari 17 ribu pelajar Indonesia datang ke sini," tambah dia, soal alasannya menghadiri pelantikan Jokowi. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini