Sukses

KPK Tak Akan Publikasi Nama Calon Menteri Jokowi

KPK tak akan mempublikasikan nama calon menteri tanpa adanya izin dari Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - 34 Calon menteri yang disodorkan Jokowi kepada KPK saat ini sedang dilakukan verifikasi. KPK akan memeriksa nama-nama tersebut terkait ada tidaknya tersangkut dalam kasus korupsi.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto mengatakan pihaknya tak akan mempublikasi nama-nama calon menteri tersebut. Menurutnya, KPK hanya akan melaporkan kepada yang meminta verifikasi, yaitu Presiden Terpilih Jokowi.

Bambang beralasan, permintaan catatan menteri merupakan permintaan langsung dari Presiden sehingga pihaknya wajib untuk tidak mempublikasi tanpa adanya persetujuan sang Presiden terpilih Jokowi.

"Kami akan menjalankan amanah dengan sebaiknya, kalau dimintai tolong kami akan bantu. Tapi kami belum bisa memberitahukan kepada publik karena semuanya dikonsolidasikan," kata Bambang di Menteng, Jakarta, Minggu (19/10/2014).

Meski demikian, Bambang mengaku belum mengetahui sejauh mana KPK telah menindaklanjuti catatan-catatan calon menteri yang diserahkan Jokowi beberapa waktu lalu.

"Saya ini semua komunikasinya dengan ketua, saya kebetulan belum bertemu dengan ketua, sudah sejauh mana, saya harus cek dulu," tukas Bambang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK

  • menteri

Video Terkini