Sukses

Jokowi Diminta Berani Coret Calon Menteri Terindikasi Korupsi

Dalam memilih menteri, Jokowi diharapkan tidak tersandera oleh kepentingan partai pengusungnya.

Liputan6.com, Jakarta - Nama-nama calon menteri yang masuk dalam kabinet pemerintahan Jokowi-JK hingga kini masih belum diumumkan. Meski demikian, nama-nama yang masuk dalam Kabinet Jokowi-JK saat ini telah diserahkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk diverifikasi terkait ada tidaknya keterlibatan dalam kasus korupsi.

Menanggapi hal itu, rohaniwan Romo Benny mengapresiasi langkah Jokowi tersebut. Namun, menurut dia, Jokowi harus berani mencoret nama calon menterinya jika hasil seleksi KPK membuktikan terindikasi kasus korupsi.

"Sekarang Jokowi beri pintu masuk ke KPK untuk koreksi calon menterinya. Maka menteri-menteri yang terindikasi melakukan tindakan korupsi dan KPK coret, Jokowi wajib coret. KPK harus berani umumkan nama-nama ini dicoret," kata Benny dalam diskusi 'Tantangan Pemerintahan Jokowi-JK' di Gedung Joeang, Jakarta Pusat, Minggu (19/10/2014).

Benny berharap dalam seleksi menteri ini, Jokowi jangan sampai tersandera kepentingan partai pengusungnya. Sebab menteri yang bersih dan mempunyai rekam jejak baik akan menjadi tolak ukur keberlangsungan pemerintahan Jokowi di mata masyarakat.

"Jadi Jokowi harus jadi pemimpin untuk dirinya sendiri jangan politik balas jasa. Selama Jokowi berpegang teguh pada prinsip ini, pemerintahan akan baik," ucap Benny.

Tak hanya itu, Benny juga memaparkan jika menteri yang ditunjuk Jokowi memiliki rekam jejak baik, itu akan membantu kinerja Jokowi dalam pemerintahan.

"Menterinya bekerja untuk rakyat. Punya rekam jejak baik, punya pengalaman dan tidak jadi kasir partai, maka menteri ini punya martabat sehingga kalau bertemu parlemen tidak perlu takut," tukas Benny. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Korupsi adalah penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

    Korupsi

  • menteri

Video Terkini