Sukses

KPK Serahkan 43 Nama Calon Menteri ke Jokowi Malam Ini

Dari 43 nama calon menteri Jokowi, KPK memberikan catatan.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi mengatakan pihaknya akan menyerahkan kembali nama-nama calon menteri kepada Joko Widodo yang pada beberapa waktu dikirim melalui Deputi Tim Transisi Jokowi-JK.

Tim transisi yang diwakili oleh Rini M Soemarno dan Hasto Kristiyanto menyampaikan 43 calon menteri kepada KPK untuk dilakukan verifikasi. Nama-nama itu merupakan hasil penyaringan yang dilakukan oleh Jokowi.

"Kemungkinan kalau nggak malam ini, ya besok. Aku sendiri belum tahu‎," kata Johan Budi di Jakarta, Minggu (19/10/2014).

Johan menambahkan dari 43 nama calon menteri yang telah diterima, pihaknya melakukan pengecekan dan telah memberikan sejumlah catatan kepada Jokowi.

"KPK menerima 43 nama, lalu diberi catatan. Setelah itu dikirim untuk disampaikan ke Jokowi," ucap pria yang juga menjabat Deputi KPK Bidang Pencegahan itu.

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto mengatakan pihaknya tak akan menutup-nutupi calon menteri yang dinilainya bermasalah. Semua data tersebut akan disampaikan kepada Jokowi.

"Kalau KPK punya data signifikan, kita beri ke Pak Jokowi, pasti kita berikan. Kita tidak sungkan-sungkan memberikan," kata Bambang dalam diskusi bertajuk 'Tantangan Pemerintahan Jokowi-JK' di Gedung Joeang, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (19/10/2014).

Diakui Bambang, data-data calon menteri yang terindikasi bermasalah atau korupsi, penting dikemukakan karena menyangkut pusat kekuasaan. Meski demikian, Bambang mengaku belum melihat nama-nama menteri yang disampaikan oleh Jokowi beberapa waktu lalu melalui Tim Transisi.

"Saya tidak tahu, Jumat kemarin saya tidak masuk, apakah sudah ada orang-orangnya (menteri) saya tidak tahu, saya belum cek," tukas Wakil Ketua KPK itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.