Sukses

PKB Nilai Pesta Rakyat Bersama Jokowi-JK di Monas Bukan Hura-hura

Pesta rakyat bersama Jokowi merupakan tanda bahwa politik harus memiliki unsur kegembiraan.

Liputan6.com, Jakarta - Usai pelantikan Joko Widodo atau Jokowi sebagai Presiden ke-7 RI akan dilakukan pesta rakyat di Monas, Jakarta Pusat. Jokowi rencananya akan diarak dari Bundaran HI ke Istana.

Sekjen PKB Hanif Dhakiri menyatakan pesta rakyat itu bukanlah kegiatan hura-hura belaka. Pesta itu merupakan tanda bahwa politik harus memiliki unsur kegembiraan.

"Buat Jokowi ini hanya penghormatan dan penghargaan pada rakyat yang sudah mengawal sampai resmi jadi presiden. Sejak awal Pak Jokowi berkata politik itu harus jadi kegembiraan bersama, ya upaya itu yang diapresiasi dalam pesta besok," terang Hanif di DPP PKB, Jakarta, Minggu (19/10/2014).

Hanif mengatakan, seluruh dana yang dipakai dalam menggelar pesta rakyat itu berasal dari kantong para relawan. Ia tidak tahu apakah Jokowi-JK menyumbang, tapi ia memastikan PKB tak memberikan sumbangan dana.

"Saya tidak tahu persis anggaran pesta rakyat, tapi inisiatif relawan. Anggaran juga bantingan kelompok relawan. Ini diorganisir mereka sendiri. (PKB) nggak ikut (beri sumbangan)," kata dia.

Selain itu, Hanif juga mengatakan PKB tidak menyiapkan seremoni ataupun hal-hal khusus. "Kita nggak ada secara khusus hanya tumpengan menyambut Jokowi-JK. Untuk pesta relawan, PKB nggak secara khusus libatkan diri tapi Garda Bangsa terlibat," tandas Hanif. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.