Sukses

Pagi-pagi, Jokowi-JK Rapat Persiapan Pelantikan

JK datang ke rumah dinas Gubernur DKI Jakarta yang masih ditempati Jokowi untuk membahas persiapan pelantikan.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla (JK) pagi ini sedang berada di rumah dinas Gubernur DKI Jakarta, Jalan Taman Suropati nomor 7, Menteng, Jakarta Pusat. Selain untuk membahas kabinet, JK yang tiba sekitar pukul 08.00 WIB itu juga mengadakan rapat dengan Joko Widodo (Jokowi) berserta protokoler pelantikan.

"Membicarakan detail pelantikan dan rapat dengan protokoler," ungkap Deputi Tim Transisi Jokowi-JK, Andi Widjajanto, di Taman Suropati, Minggu (19/10/2014).

Selain itu, Andi mengatakan pertemuan Jokowi-JK tersebut bertujuan untuk membahas kabinet menteri yang akan membantu pemerintahan dalam 5 tahun ke depan. "Kedatangan Pak JK mau membicarakan soal menteri," ujar Andi.

Dia menjelaskan, keputusan nama-nama yang akan dipilih sebagai menteri masih menunggu hasil penelusuran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sebelumnya tim transisi menyerahkan sejumlah nama calon menteri ke KPK untuk ditelusuri rekam jejaknya, apakah mereka bersih (jauh dari dugaan tindak korupsi) atau tidak.

Kata Andi, Penelaahan rekam jejak terhadap 43 nama yang diserahkan oleh Tim Transisi pekan lalu itu diperkirakan membutuhkan waktu minimal 2 hari. "Tinggal nunggu KPK, kalau sudah clear, setelah itu akan dihubungi, pertama ditanyakan kesediaannya," jelas Andi.

Pagi ini, sekitar pukul 10.00 WIB, Jokowi dan Jusuf Kalla dijadwalkan akan melakukan gladi bersih pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Periode 2014-2019 di Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta Pusat.

Selanjutnya, Jokowi-JK akan menuju Istana Merdeka pada pukul 15.00 WIB. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menerima pasangan pemimpin baru Indonesia itu. Kemudian, dilanjutkan dengan gladi bersih Upacara Penyambutan Presiden ke-7 RI dan Pelepasan Presiden ke-6 RI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.