Sukses

Wow, Penduduk Pulau Tonduk Madura Didominasi Kaum Hawa

Selain dinamai Pulau Tonduk, pulau yang dihuni 5 ribu penduduk yang didominasi perempuan ini juga dijuluki Pulau Putri.

Liputan6.com, Madura - Tak banyak orang mengetahui pesona keindahan Pulau Tonduk di Kepulauan Kangean, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Minggu (19/10/2014), padahal pulau yang dihuni 5 ribu penduduk tersebut, memiliki keunikan dan kehasan tersendiri, di mana mayoritas penghuninya adalah kaum perempuan. Tak heran bila warga sekitar biasa menyebutnya dengan Pulau Putri.

Para kaum laki-laki di pulau ini rata-rata bermata pencaharian sebagai nelayan, yakni pencari teripang. Biasanya mereka baru pulang antara 3 bulan hingga 1 tahun setelah mendapatkan nafkah.

Untuk membiayai hidup selama ditinggal suami, kaum wanita bekerja dengan membuat manik atau kapur dari batu.

Kecamatan Raas mempunyai 9 desa dengan 14 pulau, 9 pulau di antaranya berpenghuni, sedangkan 5 pulau lainnya tidak berpenghuni. Karena keunikan masyarakatnya, Pulau Putri patut menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung. (Rmn)

Baca juga:

Pohon Pisang Aneh Berjantung 4

Warna Lobster Ini Unik, Seperti Dipanggang

Uniknya Lukisan dari Cahaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini