Sukses

Ada Nama Puan, Tjahjo, dan Hasto dalam 43 Nama Menteri Jokowi-JK?

Presiden terpilih Jokowi menyerahkan 43 nama calon menterinya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Untuk ditelusuri rekam jejaknya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih Jokowi menyerahkan 43 nama calon menterinya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Nama-nama itu dikirim oleh Ketua Tim Transisi Rini Soemarno dan Deputi Tim Transisi Hasto Kristiyanto.

Penyerahan nama calon pembantu presiden itu ke KPK untuk ditelaah dan ditelusuri rekam jejak serta harta kekayaannya sebelum ditetapkan sebagai menteri.

Berdasarkan informasi dari sumber Liputan6.com, beberapa nama yang diserahkan antara lain Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo, Ketua DPP PDIP Puan Maharani, dan Wasekjen PDIP Hasto Kristianto.

Deputi Pencegahan KPK Johan Budi sebagai pihak yang menerima Tim Transisi Jokowi-JK pada Jumat 17 Oktober kemarin menyatakan tidak tahu siapa saja nama calon menteri yang diserahkan ke KPK.

"Saya memang selaku yang menerima Tim Transisi, cuma saya nggak tahu nama-nama itu. Itu namanya di dalam amplop masih disegel. Surat itu saya kasihkan ke pimpinan KPK. Nah itu pimpinan setahu saya, langsung mengadakan rapim," ujar Johan Budi kepada Liputan6.com, Sabtu (18/10/2014).

Johan mengatakan, dengan banyaknya nama yang diserahkan kepada KPK, belum tentu semua akan terpilih menjadi menteri pada kabinet pemerintahan Jokowi-JK.

"Kan diserahkan 43 nama. Mereka (Tim Transisi Jokowi-JK) meminta pertimbangan KPK," kata Johan Budi. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.