Sukses

Ikuti Gladi Bersih, Jokowi Minta Sesi Pengambilan Sumpah Diulang

Jokowi-JK melakukan gladi bersih bersama para pimpinan Majelis Perwakilan Rakyat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK) mengikuti acara gladi bersih pertama pelantikan dan pengambilan sumpah presiden dan wakil presiden terpilih di Gedung Nusantara IV, Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta Pusat. Jokowi-JK melakukan gladi bersih bersama para pimpinan Majelis Perwakilan Rakyat (MPR).

Pantauan Liputan6.com, ‎usai melakukan pertemuan tertutup dengan para pimpinan MPR, Jokowi dan JK bersama Ketua MPR Zulkifli Hasan dan para wakilnya yaitu Oesman Sapta, Hidayat Nurwahid, Mahyudin, dan EE. Mangindaan langsung menuju ruang Nusantara IV, yang menjadi tempat acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan presiden dan wakil presiden.

Jokowi, JK, dan para pimpinan MPR terlihat berada di belakang para pemeran pengganti yang masing-masing memerankan para pimpinan MPR, presiden, dan wakil presiden terpilih maupun para tamu negara yang hadir. Mereka pun kemudian menaiki lift dari lantai dasar menuju ruang sidang Nusantara IV.

Di ruang tersebut, Jokowi dan para pimpinan MPR disambut oleh para pemeran pengganti lainnya. ‎Acara pelantikan dan pengambilan sumpah pun dimulai. Ketua MPR membuka acara tersebut dengan mengucapkan salam dan menyebut satu per satu para tamu undangan dari negara-negara sahabat. Beberapa nama yang disebut yaitu Perdana Menteri Singapura, Perdana Menteri Malaysia, dan Perdana Menteri Papua Nugini.

Jokowi, JK dan para pimpinan yang duduk di barisan depan  tampak menyaksikan jalannya acara gladi bersih tersebut. Sesekali Jokowi terlihat melempar pertanyaan ke ketua MPR saat para pemeran pengganti memperagakan pengambilan sumpah presiden dan wakil presiden. Sementara itu, JK yang pernah dilantik sebagai wakil presiden tampak tenang dan terus memperhatikan adegan dan jalannya acara gladi bersih.

Setelah gladi bersih selesai, Jokowi sempat meminta adegan pengambilan sumpah presiden diulang kembali. Atas permintaan tersebut, para pemeran pengganti itu kembali mengulang sesi pengambilan sumpah presiden dan wakil presiden. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.