Sukses

Jamaah Haji RI Tahun Ini Bebas Virus Ebola

Kemenkes menyatakan hingga kini belum ada laporan jamaah haji Indonesia yang terinfeksi virus ebola.

Liputan6.com, Jakarta - Sejauh ini hampir 9.000 kasus virus ebola tercatat di Afrika Barat. Lebih dari 4.400 penderita di antaranya meninggal.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (17/10/2014), Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebut dunia punya waktu 60 hari terhitung sejak 1 Oktober untuk mengendalikan ebola. Jika tidak, maka tak ada rencana yang bisa dilakukan untuk menangkal meluasnya virus mematikan itu.

Sejumlah negara dianggap rentan virus ebola yaitu Guinea, Liberia, dan Sierra Leone. Kelompok kedua yang rentan yaitu Nigeria, Senegal, Spanyol, dan Amerika Serikat.

Meski sempat dikhawatirkan ebola menyebar dalam pelaksanaan ibadah haji tahun ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan hingga kini belum ada laporan jamaah haji Indonesia yang terinfeksi virus ebola.

Kemenkes telah mengantisipasi masuknya virus ebola dan MERS yaitu dengan pemasangan thermal scanner serta menyiagakan petugas kesehatan. Terdapat 39 rumah sakit rujukan khusus haji yang dipersiapkan oleh Kemenkes. (Ein)

Baca Juga:

Sempat Tertahan di Sri Lanka, Jemaah Haji Kloter 14 Tiba di Solo

Jemaah Haji Kloter 6 dan 7 Tiba di Tanah Air

Semua Ingin Pulangkan Jemaah Haji, Penerbangan Kerap Tertunda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ebola merupakan penyakit yang menyerang manusia, monyet, simpanse, gorila, dan primata lain yang disebabkan oleh virus Ebola.

    Ebola

  • Haji 2014

Video Terkini