Sukses

43 Nama Calon Menteri Jokowi-JK Telah Diserahkan ke KPK

Presiden terpilih Jokowi mengungkapkan Tim Transisi telah menyerahkan 43 nama calon menteri kabinetnya ke KPK.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan Tim Transisi Jokowi-JK yang diketuai Rini Soemarno telah menyerahkan 43 nama calon menteri kabinetnya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"43 Nama. Sudah diserahkan," ungkap Jokowi di Balaikota Jakarta, Jumat (17/10/2014).

Penyerahan nama calon pembantu presiden itu ke KPK untuk ditelaah dan ditelusuri rekam jejak serta harta kekayaannya sebelum ditetapkan sebagai menteri.

Namun, Jokowi menolak menyebutkan siapa saja calon menteri yang telah dipilihnya bersama Jusuf Kalla. Dirinya tetap bersikukuh tak membocorkan nama-nama calon menterinya sebelum pelantikan pada 20 Oktober 2014 mendatang.

"Saya nggak ingin menyampaikan nama. Setelah pelantikan baru disampaikan. Karena etikanya seperti itu," tegas Jokowi.

Sementara itu, Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Muhammad Yusuf mengatakan nama calon menteri kabinet Jokowi-JK sudah diserahkan oleh tim transisi. Namun, dia enggan mengungkapkan nama dan jumlah calon menteri yang disetorkan kepadanya.

"Sudah, sudah, baru saja diserahkan. Ini kan top secret, tidak boleh dibeberkan," ujar Yusuf saat dihubungi Liputan6.com.

Saat ditanya kembali soal jumlah calon menteri, dia mengatakan tidak lebih dari 50. "Jumlahnya tidak lebih dari 50 dan tidak kurang dari 40. Bisa kan kira-kira," tegas dia.

Sebelumnya, Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto mengatakan sudah menyerahkan daftar nama calon menteri kepada KPK PPATK. Menurutnya, hal tersebut sebagai early warning untuk melihat rekam jejak yang tidak didapatkan Tim Transisi.

"Nama-nama menteri sudah diserahkan ke KPK dan PPATK. Fungsinya kalau ada hal yang tidak kami dapatkan dari ruang publik," ujar Andi. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.