Sukses

Guncangan Gempa 5,5 SR Sukabumi Terasa Hingga Jakarta

Data BMKG menyebut, pusat gempa berada di 18 km timur laut Kota Sukabumi. Getarannya terasa hingga Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa dengan kekuatan 5,5 Skala Richter (SR) mengguncang Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (17/10/2014) pukul 16.26 WIB.

Data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut, pusat gempa berada di 18 km timur laut Kota Sukabumi, 83 km Tenggara Jakarta.

"Gempa terjadi pada kedalaman 146 km, tidak berpotensi tsunami," demikian pernyataan BMKG.

Meski terhitung gempa sedang, getaran lindu terasa di gedung-gedung tinggi Jakarta. "Rasanya seperti ada guncangan, mirip mobil yang melewati polisi tidur, berasa banget," kata Aditya Eka Prawira, jurnalis yang bekerja di Lantai 14, SCTV Tower, Jumat (17/10/2014).

Awalnya ia ragu, getaran yang dirasakan adalah gempa. "Tapi setelah melihat lampu bergoyang, saya yakin ada gempa," kata dia.

Sejumlah pengguna sosial media juga merasakan adanya getaran. "Gempa di Kuningan, 16.26," kata pengguna Twitter, @cupitebet. Getaran juga dirasakan di Cilacap, Jawa Tengah. Meski tak terlalu kuat. "Tadi terasa ada hentakan," kata warga Rizki Febrian Krisnawati. 

Sejauh ini belum diketahui apakah ada korban atau kerusakan di wilayah terdekat dengan pusat gempa. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

Video Terkini