Sukses

Tim Transisi Serahkan Nama Calon Menteri Jokowi ke KPK dan PPATK

Upaya tersebut sebagai peringatan dini untuk melihat rekam jejak calon menteri Jokowi yang tidak didapatkan tim transisi.

Liputan6.com, Jakarta - Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto menyatakan, pihaknya sudah menyerahkan nama-nama calon menteri Jokowi-JK kepada KPK dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Upaya tersebut sebagai peringatan dini untuk melihat rekam jejak yang tidak didapatkan tim transisi.

"Nama-nama menteri sudah diserahkan ke KPK dan PPATK. Ini early warning dari KPK dan PPATK. Fungsinya kalau ada hal yang tidak kami dapatkan dari ruang publik," ujar Andi di rumah transisi, Menteng, Jakarta, Jumat (17/10/2014).

Namun, saat ditanya siapa saja nama calon menteri yang sudah diajukan, Andi enggan membeberkannya. "Saya tidak tahu hasilnya. Langsung saja ke Pak Jokowi.

Selain itu, menurut Andi, nama tersebut bisa saja berubah karena masih belum resmi dilantik. "Kan belum dilantik. Sampai belum dilantik kan bisa berubah. Detik terakhir sebelum dilantik jadi menteri pun masih bsia dilakukan," pungkas dia.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo mengungkapkan, orang-orang yang sudah dipilih Jokowi dan JK adalah orang-orang yang sudah diuji juga oleh PPATK dan KPK.

"Yang diprediksi (para calon menteri) akan dikonsultasikan dan di cek (PPATK dan KPK) sehingga saat dilantik sudah clear and clean," kata Tjahjo kepada Liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini