Sukses

Ahok: PNS DKI Jakarta Tidak Libur Saat Pelantikan Jokowi

Ahok yakin acara arak-arakan dan festival budaya saat pelantikan Jokowi tidak mengganggu kinerja pekerja kantoran, termasuk PNS DKI.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengimbau pegawai negeri sipil (PNS) di Pemprov DKI untuk tetap masuk kerja pada hari pelantikan Jokowi sebagai presiden pada Senin 20 Oktober mendatang. Sekalipun pada hari itu akan ada pesta rakyat berupa kirab budaya dari Senayan-Sudirman-Thamrin-Istana-Monas yang bertajuk 'Syukuran Rakyat'.

"Nggak (libur). Tetap berjalan seperti biasa, kerja ya harus kerja," tegas Ahok di Balaikota Jakarta, Jumat (17/10/2014).

Ahok yakin acara arak-arakan Jokowi-Jusuf Kalla dan festival yang digelar relawan Jokowi itu tidak mengganggu kinerja pekerja kantoran, termasuk PNS DKI. Namun dia mengakui kemacetan pada saat itu tak akan bisa dihindari. Karena itu, dia meminta PNS DKI masuk kantor lebih awal guna menghindari kemacetan.

"Pawainya kan dari siang sampai sore. Kalau pulang kerja jam 5-6 sore, tanya polisi deh," ujar Ahok.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI I Made Karmayoga juga menegaskan tak akan meliburkan pegawai pada hari pelantikan presiden dan wakil presiden tersebut.

"Kami membahas (untuk libur) saja tidak ada. Pesta rakyat itu kan sejatinya dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat, logikanya pasti aman. PNS telah terbiasa oleh peristiwa itu, jadi soal telat itu lebih kepada kurang tepat perencanaan waktunya saja," kata Made.

Rencananya, pada Senin 20 Oktober usai pelantikan Jokowi-JK di Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, keduanya akan diarak dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) menuju Istana Merdeka menggunakan andong hias. Perjalanan itu akan diiringi parade Reog Ponorogo, sepeda onthel, ondel-ondel, barongsai, dan lainnya.

Jokowi dan JK akan disambut upacara militer setiba di Istana. Selanjutnya digelar  telekonferensi dengan masyarakat dari berbagai wilayah di Indonesia. Setelah itu, Jokowi-JK akan menemui relawan di panggung rakyat di Tugu Monumen Nasional (Monas). Di tempat ini akan diadakan berbagai pertunjukan musik oleh artis-artis Indonesia. Di antaranya Slank, Oppie Andaresta, Seringai, Dead Squad, Saykoji, /Rif, dan Aura Kasih.

Sebelum acara pelantikan Jokowi selesai yakni sekitar pukul 22.00 WIB, akan dilakukan pemotongan tumpeng dan pembacaan doa, serta pelepasan 3.000 lampion ke udara. Total 17.480 lampion akan dilepas secara serentak di 31 lokasi di Indonesia. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini