Sukses

Pola Pengamanan Polri Amankan Pelantikan Jokowi-JK

Polri juga mengamankan penginapan para tamu asing di penginapan dengan standar internasional.

Liputan6.com, Jakarta - Kaporli Jenderal Sutarman menyatakan persiapan pengamanan pelantikan presiden terpilih dan wakil presiden terpilih, Jokowi-JK telah matang. Ribuan personel gabungan akan diterjunkan dalam pengamanan tersebut.

"Kita telah menyiapkan 24.815 personel gabungan dimana telah dibagi menjadi empat ring pengaman. Mulai dari pengamanan di dalam hingga titik menuju gedung DPR/MPR," kata Sutarman di Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis (16/10/2014).

Selain itu, pihaknya juga turut mengamankan penginapan para tamu asing di penginapan dengan standar internasional.

Menurut Sutarman, bersama TNI, Polri menjamin pelaksanaan pelantikan Jokowi hingga akhir acara di Monas akan berjalan aman.

"Dengan banyaknya para tamu undangan, kita bersama TNI menjamin pelaksanaan akan berjalan sampai dengan akhir pelaksanaan di Monas, kami menjamin aman," tutur Sutarman.

Sementara itu, Panglima TNI Moeldoko menegaskan pengamanan terhadap Jokowi-JK akan menjadi prioritasnya usai pelantikan. Pasalnya saat sudah dilantik maka pengamanan beralih dari Polri ke TNI.

"Pak Jokowi-JK setelah diputuskan, pengamanannnya berlalih dari Polri ke TNI. Kita juga sudah menyiapkan personel sebanyak empat ribuan," jelas Moeldoko.

Ketua MPR Zulkifli Hasan menegaskan tak akan menolerir apapun yang terjadi pada saat pelantikan Jokowi-JK. Pihaknya akan meminta aparat untuk mengamankan mereka yang akan mengganggu acara penting tersebut.

"Karena kalau ada sedikit hal kecil tentu akan menjadi banyak perhatian," tukas Zulkifli Hasan. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini