Sukses

Penderita ISPA di Palembang Mencapai 5.800 Orang

Kabut asap di Sumatera Selatan semakin membahayakan. Seminggu terakhir muncul pasien-pasien penderita penyakit asma serta paru-paru.

Liputan6.com, Palembang - Asap di Banyuasin, Sumatera Selatan yang semakin tebal membuat jumlah penderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yang berobat ke 31 puskesmas di daerah ini mencapai 5.800 orang.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (16/10/2014), sejak seminggu terakhir muncul pasien-pasien penderita penyakit asma serta paru-paru. Rata-rata setiap hari minimal 2 anak yang terserang asma berobat di Rumah Sakit Banyuasin.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuasin mengimbau masyarakat menghindari keluar rumah. Warga pun disarankan memperbanyak minum air putih dan vitamin, karena tubuh yang menghirup asap setiap hari mudah sekali terserang penyakit.

Kabut tebal juga masih menyelimuti sebagian besar wilayah Jambi, seperti di Kabupaten Merangin. Kabut asap bahkan semakin berbahaya bagi kesehatan. Akibat kabut asap di Jambi, sekolah diliburkan, banyak warga yang terserang penyakit  ISPA, dan semua bandara di Jambi lumpuh.

Kamis pagi tadi sekitar 1.000 warga Merangin menggelar salat minta hujan di lapangan Kantor Bupati Merangin. Ini merupakan upaya terakhir warga Jambi melawan kabut asap. (Ein)

Baca juga:

Kepekatan Kabut Asap di Sumsel Lewati Batas Normal

Kabut Asap Makin Tebal, Persediaan Masker di Bengkulu Tidak Ada

Penderita ISPA Akibat Asap di Bengkulu Meningkat

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini