Sukses

Cantiknya Seni Lukis Porselen Hungaria

Seni lukis porselen merupakan seni lukis tertua di Eropa Timur, karena sudah ada sejak berabad-abad lalu.

Liputan6.com, Sleman - Piring-piring dengan aneka motif nan cantik sekilas dilihat tidak berbeda dengan kebanyakan piring lainnya. Namun harga piring-piring tersebut ternyata mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Kamis (16/10/2014), karya seni lukis porselin Herend dibuat oleh seniman lukis porselin dari Hungaria. Seni lukis porselen merupakan seni lukis tertua di Eropa Timur, karena sudah ada sejak berabad-abad lalu. Peminatnya tak hanya kolektor barang seni, tetapi tokoh-tokoh besar dunia dan tak terkecuali keluarga kerajaan Inggris.

Karya seni terseburt sebenarnya hanya memanfaatkan bahan-bahan dari porselen biasa, seperti piring, gelas dan sebagainya. Namun dengan sentuhan seni, piring-piring bisa menjadi barang mewah dengan harga yang sangat mahal.

Karena keuntungan yang dijanjikan sangat tinggi, sejumlah warga di Yogyakarta tertarik untuk mempelajari seni lukis piring langsung dari ahli lukis asal Hungaria.

Melukis di porselen sebenarnya tidak berbeda dengan melukis di media lain, seperti kanvas, kertas, kain dan sebagainya. Perbedaannya hanya terletak pada jenis cat yang digunakan.

Selain itu juga membutuhkan keterampilan dan ketelitian lebih, karena selain licin, media dan obyek lukisan juga sangat kecil. Tak ayal untuk menyelesaikan satu buah karya seni lukis porselen biasanya dibutuhkann waktu 1 hingga 4 minggu. Namun semakin rumit karya yang dibuat, harga karya seni porselen bisa semakin mahal.

Baca juga:

Saat Tokoh Kartun Hadir di Piring Anda

Artefak Kuno 'Yesus Tanpa Janggut' Ditemukan di Spanyol

Ketabahan 2 Bocah Merawat Ibunya yang Lumpuh Kini Berbuah Manis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini