Sukses

Rangkaian Acara Pesta Rakyat Usai Pelantikan Jokowi 20 Oktober

Terlebih dahulu Jokowi-JK akan menghadiri pelantikan di Gedung MPR/DPR sekitar pukul 10.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) dipastikan akan menghadiri acara syukuran dan kirab budaya, yang akan digelar oleh gabungan relawan Jokowi-JK. Pesta rakyat tersebut rencananya digelar setelah pelantikan di gedung MPR/DPR pada 20 Oktober 2014 mendatang.

Hal itu diutarakan oleh Deputi Tim Transisi Jokowi-JK, Andi Widjajanto. Ia menjelaskan, ada serangkaian seremonial yang akan diikuti oleh Jokowi-JK sejak pengambilan sumpah jabatan hingga menghadiri acara kirab budaya di Monas, Jakarta Pusat.

Andi menuturkan, terlebih dahulu Jokowi-JK akan menghadiri pelantikan di gedung MPR/DPR sekitar pukul 10.00 WIB.

"Yang pertama SBY-Boediyono, Jokowi-JK masing-masing akan ke MPR. Jokowi-JK akan disambut oleh SBY dan Boediyono kemudian mereka akan menyambut para perwakilan luar negeri," kata Andi saat memberikan keterangan persnya di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (15/10/2014).

Andi menambahkan, dalam seremonial pelantikan Jokowi-JK juga akan menyampaikan pidato kenegaraan. Pembacaan pidato itu diperkirakan Andi akan berlangsung selama 10 menit. Setelah itu akan ada acara resepsi pertama penyambutan Presiden dan Wakil Presiden.

"Pak Jokowi akan membacakan pidato kenegaraan. Pembacaan pidato ini diperkirakan tak sampai 10 menit, Pak Jokowi telah menyiapkan pidato kenegaraannya," ucap Andi.

Setelah selesai acara resepsi penyambutan Presiden dan Wakil Presiden, kemudian Jokowi-JK langsung menuju Bundaran HI, Jakarta Pusat untuk menghadiri acara kirab rakyat yang digelar oleh para relawan.

"Siangnya setelah selesai pelantikan, Pak Jokowi akan masuk ke Istana sekitar pukul 14.00 WIB," tambah Andi.

Kemudian, kata Andi, di Istana Negara Jokowi-JK akan mengikuti acara penyambutan Presiden dan Wakil Presiden secara militer sekitar 30 menit. Setelah itu, baru nanti akan bergabung bersama para relawan dan masyarakar di acara Syukuran Rakyat Salam 3 Jari di silang Monas, Jakarta Pusat.

Menurut Andi, keikutsertaan Jokowi-JK dalam acara kirab rakyat dan Syukuran Rakyat Salam 3 Jari ini telah dikoordinasikan ke pihak Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

"Menginformasikan sudah dilakukan koordinasi kepada pemerintah," tutup Andi terkait kegiatan Jokowi-JK usai pelantikannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini