Sukses

Petugas Bandara Ngurah Rai Tersedot Baling-baling Pesawat

Mengetahui korban tersedot baling-baling, rekan kerja korban memberi kode tanda emergency kepada pilot untuk mematikan mesin.

Liputan6.com, Denpasar - Kecelakaan kerja fatal dialami Muchsinin, seorang petugas porter ground handling Bandara Ngurah Rai, Bali. Ia tersedot baling-baling pesawat Wings Air tipe ATR-72 dengan nomor lambung PK-WGL.

Peristiwa nahas itu menimpa Muchsinin kala tengah memuat bagasi penumpang ke dalam kompartemen pesawat. Setelah selesai proses loading bagasi, petugas ke luar kompartemen melalui pinggir badan pesawat sebelah kanan, dekat baling-baling.

Korban sesungguhnya telah diingatkan oleh rekan kerjanya untuk tidak melalui pinggiran pesawat yang saat itu pada posisi start engine.

Akibatnya korban tersedot angin baling-baling pesawat dengan berpenumpang 46 orang yang akan menuju Labuan Bajo itu. Korban langsung tak sadarkan diri. Mengetahui korban tersedot baling-baling, rekan kerja korban memberi kode tanda emergency kepada pilot untuk mematikan mesin.

"Akibat kejadian tersebut korban terkena baling-baling sehingga mengalami luka di kepala bagian belakang sebelah kanan," jelas General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai, Herry A.Y. Sikado, di Kuta, Selasa (14/10/2014).

Ia menjelaskan, peristiwa nahas itu terjadi pada pukul 11.40 Wita. Selanjutnya, pada pukul 11.50 Wita korban yang baru bekerja 1 bulan sebagai petugas porter pada PT EAS segera dibawa ke rumah sakit dengan menggunakan ambulans PT Aangkasa Pura I. "Pukul 12.10 Wita korban sudah sadar," jelasnya.

Selaku pengelola bandara, PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai secara rutin melakukan sosialisasi keselamatan di area sisi udara kepada para mitra usaha dan mitra kerja.

"Kegiatan ramp safety yang dilakukan 2 kali dalam 1 tahun juga dibarengi dengan program safety awareness dengan memasang spanduk dan rambu-rambu imbauan keselamatan," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.