Sukses

Kabut Asap Menebal, 3 Maskapai Urung Terbang ke Jambi

Penutupan jalur penerbangan ke Bandara Sultan Thaha, Jambi disebabkan jarak pandang akibat kabut asap sangat terganggu.

Liputan6.com, Tangerang - Kabut asap semakin memburuk selama sepekan terakhir, 3 Maskapai memutuskan membatalkan penerbangan ke wilayah Jambi dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (14/10/2013). Keputusan tersebut diambil sejak Sabtu 11 Oktober lalu.

Demikian yang diungkapkan Operational Duty Manager Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta Komar Nur Hidayat. "Berdasarkan laporan, 3 maskapai yang tidak melakukan penerbangan ke Bandara Sultan Thaha, Jambi adalah City Link, Sriwijaya Air, dan Lion Air," ujar dia.

Penutupan jalur penerbangan ke Bandara Sultan Taha, Jambi tersebut disebabkan jarak pandang akibat kabut asap sangat terganggu. Sebab, berdasarkan perkiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), kabut asap akan bertahan hingga sepekan ke depan.

"Makanya, diprediksi penutupan jalur penerbangan itu akan bertahan sampai seminggu ke depan. Tapi balik lagi, sampai adanya pemberitahuan resmi dibukanya jalur penerbangan," tutur Komar.

Tak dibukanya jalur penerbangan ke Jambi ternyata sangat berpengaruh pada frekuensi penerbangan di Terminal 1 Bandara Soetta. Biasanya, per hari ada 27 kali penerbangan, namun kini hanya 21 penerbangan.

"Pasti mempengaruhi, sebab nggak ada yang (maskapai penerbangan) terbang ke Jambi," ungkap Komar. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini