Sukses

Gempa 7,4 SR Berujung Maut di El Salvador

Gempa berkekuatan 7,4 skala Richter dirasakan kuat di El Salvador, Senin tengah malam waktu setempat atau Selasa WIB.

Liputan6.com, San Miguel - Guncangan akibat gempa berkekuatan 7,4 skala Richter dirasakan kuat di El Salvador, Senin tengah malam waktu setempat atau Selasa (14/10/2014) WIB. Pusat lindu berada di perairan Pasifik, Amerika tengah.

Sementara menurut data Badan Survei Geologi AS (USGS), gempa yang berpusat di perairan El Salvador dan Nikaragua berkekuatan 7,3 SR.

Guncangan gempa mengakibatkan kerusakan bangunan, setidaknya 1 orang tewas di El Salvador.

Meski sejatinya merupakan gempa dalam, 70,5 kilometer, namun berada di dekat garis pantai El Salvador, sekitar 64 meter dari Kota Intipuca.

Kementerian Cuaca dan Sumber Daya Alam El Salvador sempat mengeluarkan peringatan tsunami untuk wilayah pesisir, dan mengumumkan gempa dirasakan hampir di seantero negeri. Namun belakangan, peringatan potensi terjadinya gelombang raksasa dicabut.

Walikota San Miguel mem-posting sejumlah foto dampak gempa, termasuk kerusakan ringan yang terjadi di rumah sakit setempat. Setidaknya 12 rumah dilaporkan ambruk di kota itu.

Aliran listrik di kota San Miguel juga sempat dilaporkan mati. Namun beberapa saat kemudian berhasil dipulihkan.

Setidaknya seorang dipastikan tewas akibat gempa di San Miguel. "Seorang perempuan meninggal dunia akibat kejatuhan tiang listrik," kata Walikota San Migue, Will Salgado seperti dikabarkan CNN, Selasa (14/10/2014). (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • El Salvador

  • USGS