Sukses

Awan Panas dan Debu Tebal Sinabung Meluncur Sejauh 4 Kilometer

Gunung api Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali mengalami erupsi pada Senin siang hingga petang tadi.

Liputan6.com, karo - Gunung api Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali mengalami erupsi pada Senin siang hingga petang tadi. Guguran awan panas terlihat keluar dari kawah gunung. Debu tebal dan guguran awan panas tersebut meluncur hingga sejauh 4 kilometer ke selatan dan barat daya sesuai arah angin.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Senin (13/10/2014), erupsi dan guguran awan panas ini menyelimuti beberapa desa di 2 kecamatan di Kabupaten Karo.

Fenomena gunung api Sinabung ini memang tergolong unik. Setelah beberapa hari tidak terlihat akibat tertutup kabut, pada Senin siang hingga petang gunung ini terlihat jelas sebelum akhirnya mengeluarkan erupsi.

Peningkatan aktivitas Gunung Sinabung ini sudah mulai terlihat sejak Minggu 12 Oktober kemarin. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan, telah terjadi 142 gempa guguran di gunung api tersebut pada hari Minggu kemarin.

Meski guguran debu dan awan panas yang keluar cukup tebal, petugas pos Gunung Sinabung menyatakan status gunung masih berada pada Siaga level III. (Ali)

Baca juga:

BNPB: Gunung Sinabung Alami 142 Gempa Guguran

Sempat Hilang Sepekan, Kabut Asap Kembali Melanda Sumatera Barat

Polisi Ringkus 2 Pelaku Pencurian Bersenpi di Pasar Minggu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.