Sukses

2 Kota Ini Lebih Panas dari Bekasi, Tembus 39 Derajat Celsius

Kota Bekasi di Jawa Barat menjadi bahan selorohan lantaran hawa panasnya yang teramat sangat.

Liputan6.com, Jakarta - Kota Bekasi di Jawa Barat menjadi bahan selorohan lantaran panasnya yang teramat sangat. Tapi ternyata ada kota lain yang suhunya lebih tinggi dari kota di pinggiran Ibukota tersebut.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, suhu Bekasi sekitar 35-36 derajat celsius. Termasuk panas. Namun masih kalah panas jika dibandingkan Kota Branti di Lampung dan Bima di Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Di Branti dan Bima sampai 39 derajat celsius," ucap Kepala Sub Bidang Cuaca Ekstrem Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) M Fadli kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin (13/10/2014).

Dia mengatakan, hampir sebagian besar wilayah Jawa dan kawasan Indonesia bagian selatan mengalami suhu yang cukup tinggi. Ini lantaran radiasi matahari memang bergerak ke arah selatan, yakni ke daerah Jawa dan sekitarnya.

Hal itulah yang menyebabkan panas yang teramat di sebagian besar wilayah Jawa. Ditambah lagi suhu muka laut yang berada di Laut Jawa juga tak terlalu hangat sehingga pembentukan awan hujan sedikit.

Selain itu, sambung dia, angin dari Indonesia secara umum berasal dari angin timur atau Australia. Angin ini sifatnya kering dan kencang. Hal ini menyebabkan proses terjadinya penguapan tak cukup tinggi atau berkurang.

Jika dibandingkan dengan Kota Branti dan Bima, panas Bekasi masih tak ada apa-apanya. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini