Sukses

Bos Facebook Mark Zuckerberg Penasaran dengan Blusukan Jokowi

Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) mengajak Pendiri Facebook Mark Zuckerberg blusukan ke Pasar Blok A Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) mengajak Pendiri Facebook Mark Zuckerberg blusukan ke Pasar Blok A Tanah Abang, Jakarta Pusat. Kunjungan Jokowi dan Zuckerberg ke pasar tekstil terbesar di Asia Tenggara itu dilakukan karena rasa penasaran Zuckerberg dengan blusukan yang dilakukan Jokowi selama ini.

"Pertama beliau (Mark Zuckerberg) bertanya ke bapak, blusukan itu kayak apa sih?" ujar Plt Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Hubungan Luarnegeri (KDH-LN) Heru Budi Hartono usai mengantar Jokowi dan Zuckerberg ke Blok A Tanah Abang, Senin (13/10/2014).

Mendapat pertanyaan tersebut, Jokowi pun menjelaskan, blusukan merupakan caranya mengetahui permasalahan di masyarakat dengan langsung turun ke lapangan, tanpa persiapan protokoler dan dilakukan secara mendadak.

"Ya, Pak Jokowi menjelaskan ke beliau seperti apa blusukan. Ya, Pak Jokowi menjelaskan salah satunya blusukan itu ya langsung ke pasar, bertemu langsung dengan masyarakat," kata Heru.

Merasa kurang puas dengan jawaban Jokowi, Mark pun bertanya bagaimana bila seoranng kepala daerah langsung berkunjung ke pasar atau tempat-tempat kumuh namun tidak dipersiapkan secara protokoler. Mendapat pertanyaan tersebut, menurut Heru, Jokowi pun menjawabnya dengan ajakan blusukan ke Pasar Blok A Tanah Abang.

"‎Nah, Pak Jokowi bilang, kalau mau tahu hari ini. Tadi nya maunya siang, tapi karena jadwal padat, akhirnya setelah pertemuan barusan, Pak Jokowi langsung ke Pasar Tanah Abang," ucap Walikota Jakarta Utara itu.

Mendapat tawaran itu, Mark yang penasaran dengan Blusukan Jokowi, langsung menerima tawaran tersebut. Setelah 15 menit melakukan wawancara dengan para wartawan, Mark dan Jokowi langsung meluncur ke pasar tersebut dengan menumpang mobil Toyota Innova hitam yang biasa ditumpangi Jokowi untuk blusukan.

Di pasar tersebut, Jokowi pun langsung mengajak Mark Zuckerberg melihat kondisi pasar yang sesak dengan pengunjung. Maklum saja, menurut Heru, kunjungan tersebut memang mendadak dan tidak dipersiapkan sebelumnnya. "Ya, blusukan tadi memang mendadak. ‎Makanya kita pilih Blok A Tanah Abang, karena pertama dekat. Waktunya hanya 30 menit. Kalau yang lain kan makan waktu," kata Heru. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.