Sukses

Mobil Wartawan Peliput Haji Kecelakaan, Sopir Meninggal

Mobil yang mengangkut beberapa wartawan peliput kegiatan ibadah haji mengalami kecelakaan saat dalam perjalanan dari Jeddah menuju Madinah

Liputan6.com, Mekah - Kabar duka datang dari Tanah Suci. Mobil yang mengangkut beberapa wartawan peliput kegiatan ibadah haji mengalami kecelakaan saat dalam perjalanan dari Jeddah menuju Madinah, Minggu subuh waktu Arab Saudi (WAS).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Liputan6.com, sejumlah wartawan yang tergabung dalam Media Center Haji (MCH) dikabarkan mengalami luka-luka. Namun pengemudi mobil bernama Lukmanul Hakim Yakub, warga negara Indonesia yang bekerja di Arab Saudi, dilaporkan meninggal dunia dalam kecelakaan tersebut.

Menurut kabar, mobil yang dikemudikan Lukman terbalik dan terguling di tengah jalan. Selanjutnya mobil dihantam kendaraan di belakangnya.

Seperti dilansir laman Kemenag.go.id, Minggu (12/10/2014), rombongan tim MCH Daerah kerja Madinah mengalami kecelakaan saat perjalanan dari Jeddah menuju Madinah setelah melaksanakan umrah di Mekah, Minggu sekitar pukul 05.30 WAS.

Kecelakaan tersebut diduga terjadi karena sopir mobil Tim MCH Lukmanul Hakim Yakub mengantuk, sehingga tidak bisa mengendalikan mobil yang melaju kencang.

Hal tersebut dijelaskan Aries Wicaksena, wartawan Media Indonesia yang menjadi salah satu penumpang kecelakaan tersebut. "Mobil melaju dengan kecepatan sekitar 100 kilometer/jam, tiba-tiba oleng ke kiri sampai masuk ke pasir-pasir dan dibanting ke kanan akhirnya oleng dan terbalik dengan posisi kepala menghadap ke belakang," jelas Aries.

Aries menambahkan bahwa sesaat setelah mobil oleng sebagian penumpang sudah sempat keluar lewat kaca belakang yang pecah. "Kami semua sudah keluar dari mobil lewat kaca belakang yang pecah, lalu tiba-tiba datang mobil dari arah berlawanan yang menghantam mobil MCH, Lukman dan Dodo masih ada di dalam mobil," tambah Aries.

Setelah kejadian, datang polisi yang segera mengevakuasi Lukmanul Hakim dan Idham Sammana ke RS Bir Ali Madinah, penumpang yang lain dievakuasi menggunakan mobil ambulance milik PPIH Arab Saudi menuju BPHI Madinah.

Dalam kecelakaan ini, sopir mobil MCH Lukmanul Hakim Yakub meninggal dunia sesaat setelah sampai di rumah sakit. Sementara itu, Idham Sammana reporter MetroTV masih dirawat di RS Bir Ali Madinah karena mengalami luka di bagian kepala.

Sedangkan penumpang lain yang mengalami luka ringan dan memar masih dirawat sementara di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) Madinah, antara lain Dodo Murtadlo (kemenag.go.id), Nur Budi Hariyanto (MetroTV), Elvan Dani Sutrisno (Detik.com), Iwan Malik (RCTI), Iwan Manaf (RCTI), Dolly Ramadhan (Sindo Trijaya FM), dan Aries Wicaksena (Media Indonesia). (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.