Sukses

Kekeringan, Warga Dapat Bantuan Air Bersih

Kekeringan akibat kemarau yang berkepanjangan melanda beberapa wilayah yang ada di wilayah Pulau Jawa, seperti Rembang, Sukabumi, dan Tasik.

Liputan6.com, Rembang - Derita warga Desa Pranti, Kecamatan Sulang, Rembang, Jawa Tengah di musim kemarau masih belum berakhir. Kekeringan masih menemani mereka.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Minggu (12/10/2014), demi memperoleh air bersih warga harus menggali sejumlah lubang sedalam 30-50 cm di pinggir sungai.

Sebenarnya lubang itu berfungsi sebagai resapan air, namun apa daya hanya itulah satu-satunya harapan warga untuk mendapatkan air bersih di tengah bencana kekeringan yang melanda selama hampir 3 bulan ini.

Sementara kekeringan yang melanda sejumlah wilayah di kabupaten Sukabumi, Jawa Barat selama hampir lima bulan ini membuat pihak Polres Sukabumi mendistribusikan 5 tangki air bersih di daerah yang mengalami krisis air bersih.

Bantuan air bersih itu pun disambut antusias oleh warga sekitar. Mereka pun berlomba-lomba untuk antre mendapatkan jatah air bersih.

Distribusi air bersih juga dilakukan di Desa Tamansari, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat yang menjadi langganan saat musim kemarau tiba. Bantuan dari PMI Kota Tasikmalaya langsung disambut gembira oleh masyarakat.

Hal itu dikarenakan warga tidak perlu lagi mencari air ke tempat yang jauh demi untuk mandi dan memasak karena sejak 3 bulan terakhir sumur-sumur yang ada dirumah mereka sudah mulai mengering.

Tercatat di wilayah Kota Tasikmalaya sudah ada 4 kecamatan yang mengalami kekeringan air parah.

Baca Juga:

Berkah Musim Kemarau, Penjual Air Keliling Raup Rp 200 Ribu/Hari

Kekeringan, Warga Wonogiri Jual Ternak Demi Air Bersih

Kemarau Datang, Warga Malaka NTT Endapkan Air Kali untuk Minum

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini