Sukses

Tedi, Pendongeng Keliling untuk Anak-anak di Tegal

Di tengah serbuan film kartun dan aneka permainan elektronik untuk anak-anak, seorang warga Tegal melakukan kegiatan dongeng keliling.

Liputan6.com, Tegal - Di tengah serbuan film kartun dan aneka permainan elektronik untuk anak-anak, seorang warga Tegal, Jawa Tengah melakukan kegiatan dongeng keliling.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (11/10/2014), aksi itu dilakukan untuk menumbuhkan kembali minat mendengarkan dongeng untuk anak di masyarakat.

Gaya Tedi Kartino saat sedang mendongeng di hadapan puluhan bocah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sakila Kerti sangat ceria.

Lelaki yang biasa disapa Kak Tedi itu aktif berdongeng keliling, baik di sekolah, taman kanak-kanak, PAUD, maupun di kelompok bermain. Tedi prihatin dengan semakin menurunnya minat mendongeng di masyarakat sehingga kini mendongeng jadi kegiatan langka. Anak-anak lebih banyak disuguhi oleh tontonan film-film kartun serta dimanjakan aneka permainan elektronik.

Tedi beranggapan sudah saatnya orangtua kembali melakukan kegiatan mendongeng. Selain mempererat hubungan orangtua dan anak, mendongeng juga dapat menambah cakrawala, merangsang imajinasi, menambah pengetahuan, dan memperkaya perbendaharaan kosakata.

Mendongeng dapat dilakukan kapan dan di mana pun. Saat ini, Tedi sedang mengembangkan metode doremi yakni mendongeng rekreasi, motivasi, dan inspirasi. Dengan metode doremi, orangtua dapat mengemas sesuatu yang tidak diminati menjadi diminati oleh anak-anak.

Baca Juga:

Manfaat Boneka bagi Anak, Bisa untuk Latihan Peran

Gara-gara Banyak Perokok Anak, Indonesia Dianggap Biadab

'Anak Ajaib' dari China, Usia 12 Tahun Jadi Hacker Andal

(Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.