Sukses

Kabut Asap Selimuti Jambi, 9 Ribu Warga Terkena ISPA

Sejak pagi tadi, udara di Pekanbaru, Riau, kembali diselimuti oleh kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

Liputan6.com, Riau - Sejak pagi tadi, udara di Pekanbaru, Riau, kembali diselimuti oleh kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Jumat (11/10/2014), meski jarak pandang cukup terbatas, para warga pun tidak bisa berbuat apa-apa.

Mereka mau tidak mau harus beraktivitas di luar rumah meski udara sudah tidak sehat. Hingga setelah berlangsung selama 1 bulan tidak terlihat ada upaya serius dari pemerintah karena kebakaran hutan dan lahan masih terus berlangsung.

Berdasarkan pantauan satelit Terra dan Aqua yang dirilis BMKG Riau, sejumlah titik api masih tampak di beberapa daerah. Yang terparah adalah Sumatera Selatan dengan 449 titik api, Riau 22 titik api, dan 17 titik api di Jambi.

Situasi yang sama juga terjadi di Jambi. Meski titik api tidak sebanyak di Sumatera Selatan, udara di kota Jambi sepanjang hari ini juga tertutup kabut asap.

Berdasarkan indeks pencemaran udara, udara di kota Jambi sudah berbahaya yakni antara 170 hihgga 200. Dalam 1 bulan terakhir, tercatat 9 ribu warga di berbagai kabupaten kota yang terkena infeksi saluran pernapasan (ISPA).

Meskipun demikian, hingga kini Pemprov Jambi belum menetapkan darurat kabut dengan alasan kabut asap kiriman dari Sumatera Selatan. (Ali)

Baca Juga:

Kebakaran Lahan di Kalimantan Tengah dan Sukabumi

Lahan Kosong di Sepanjang Jalur Trans Kalimantan Habis Terbakar

Kebakaran Jambi Meluas, Alat Pemecah Asap Palembang Tak Berfungsi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.