Sukses

Pansel Kantongi 2 Nama Capim KPK untuk Fit and Proper Test

Liputan6.com, Jakarta - Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah mengantongi ‎2 nama capim KPK. Nama itu dikantongi usai pansel melakukan tes wawancara kepada 6 nama capim, Kamis kemarin.

"‎Sudah (ada 2 nama capim)," kata Juru Bicara Pansel Capim KPK Imam Prasodjo dalam pesan singkatnya, Jumat (10/10/2014).

Namun, Imam belum bisa menyebut 2 nama tersebut. Dia mengatakan, pengumuman 2 nama yang lolos itu akan dilakukan setelah diserahkan ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Senin 13 Oktober mendatang. "‎Senin setelah ke Presiden baru bisa diumumkan‎," ujar Imam.

Adapun Pansel Capim KPK kemarin melakukan tes wawancara kepada 6 nama calon. ‎Mereka adalah dosen Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan Jamin Ginting, Wakil Ketua KPK Bidang Penindakan Busyro Muqqodas, Anggota DPD 2009-2014 I Wayan Sudirta, jurnalis Tempo sekaligus pengacara Ahmad Taufik, Kepala Bidang Hubungan Internasional Sekretariat Kabinet Roby Arya Brata, dan pegawai Biro Perencanaan Anggaran KPK Subagio.

Dalam proses wawancara, pansel mengajukan berbagai pertanyaan dan konfirmasi kepada para capim terhadap informasi masyarakat terkait capim bersangkutan. Misalnya dari soal independensi para capim terkait kedekatan dengan partai politik tertentu, aset yang dimiliki, sampai kepribadian mereka terutama dalam memimpin organisasi dan bekerja sama.

Dari tes wawancara ini, hanya 2 nama yang akan lolos untuk mengikuti tahap selanjutnya, yakni fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR. Oleh DPR nantinya hanya 1 nama yang dipilih untuk menggantikan posisi Wakil Ketua KPK Busyro Muqqodas yang akan habis masa tugasnya Desember tahun ini. ‎(Mut)