Sukses

Abu Vulkanik Sinabung Batalkan 12 Penerbangan di Kualanamu

Gunung Sinabung terus mengeluarkan gempa. Luncuran awan panas terus mengarah langsung ke Selatan dan Tenggara menjelang Kamis kemarin sore.

Liputan6.com, Medan - Gunung Sinabung terus mengeluarkan gempa. Guguran dan luncuran awan panas terus-menerus mengarah langsung ke Selatan dan Tenggara menjelang Kamis 9 Oktober 2014 sore.

Menurut keterangan Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG), sepanjang Kamis kemarin setidaknya telah terjadi 102 kali erupsi. Terkait hal ini, status Gunung Sinabung kini berada pada siaga level 3.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Kamis (9/10/2014), Kepala Pos Pemantau Gunung Api Sinabung, Armen Putra meminta warga mewaspadai sebaran abu vulkanik yang bisa menjangkau jauh.

Sementara itu, sebaran abu vukanik turut menyelimuti Bandara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara yang berjarak 80 kilometer dari kaki Gunung Sinabung.  

Hingga Kamis sore, sebanyak 12 penerbangan telah dibatalkan, antara lain Malaysia Arlines tujuan Kualalumpur, Silk Air tujuan Singapura, dan Airasia tujuan Penang. Sementara 4 penerbangan tujuan Jakarta dan Batam ditunda. Pembatalan sejumlah penerbangan ini mengakibatkan terjadi penumpukan penumpang di ruang tunggu bandara.
 
Selain Kabupaten Deli Serdang  dan Kabupaten Serdang Bedagai, debu vulkanik dikabarkan telah sampai ke Kota Tebing Tinggi yang berjarak100 meter dari kaki Gunung Sinabung.

Di ibukota Sumatera Utara, Medan yang berjarak 150 kilometer dari Brastagi, dampak erupsi Gunung Sinabung belum mengganggu jarak pandang.

Meski demikian, di sejumlah ruas jalan protokol, petugas dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) hingga relawan Badan Nasional Penanggulangan Bencana membagi bagikan 10 ribu  masker.

Mewaspadai timbulnya gangguan pernafasan, Pemerinta Kota Medan juga mewajibkan Puskesmas buka selama 24 jam. (Ali)

Baca juga:

Terkait Sinabung, Gubernur Sumut Diminta Tak Hanya Jadi Penonton

Erupsi Gunung Sinabung Tak Berhenti, Murid SD Tetap Belajar

Abu Gunung Sinabung Tunda Sejumlah Penerbangan

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini