Sukses

Erupsi Gunung Sinabung Terus Terjadi, Warga Tetap Bertahan

Warga lereng Gunung Sinabung masih beraktivitas di lahan pertanian meski tanaman terancam mati akibat debu vulkanik.

Liputan6.com, Karo - Warga Desa Suka Ndebi, Kecamatan Naman Teran, bergotong-royong membersihkan desa dengan menyapu dan menyiram dengan air seadanya akibat debu vulkanik Gunung Sinabung yang menyelimuti desa mereka.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (9/10/2014), mereka tetap bertahan di desa meski cemas, sebagian warga juga masih beraktivitas di lahan pertanian meski tanaman mereka terancam mati akibat tertutup debu vulkanik.

Erupsi Gunung Sinabung masih terus terjadi, Desa Suka Ndebi berjarak sekitar 6 kilometer dari kawah Sinabung menjadi desa yang terparah tertutup debu vulkanik.

Erupsi Gunung Api Sinabung, Tanah Karo, Sumatera Utara yang disertai luncuran awan panas sejauh 3 kilometer ke arah tenggara, membuat kabut debu tebal sempat menyelimuti Kota Berastagi dan sekitarnya. Aktivitas warga pun sempat berhenti beberapa jam.

Menurut data badan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Gunung Sinabung masih berpotensi erupsi dengan luncuran awan panas ke selatan dan tenggara di radius 3 hingga 5 kilometer. Hingga kini status Gunung Sinabung berada pada Siaga III.

Baca juga:

Status Siaga III, Gunung Sinabung Meletus Lagi

Foto Terakhir Pendaki Jepang Sebelum Diterjang 'Wedhus Gembel'

Ledakan Bom di Irak - Evakuasi Korban Gunung Ontake Dilanjutkan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini