Sukses

Pejabat Tinggi Polri Dirotasi, Kabaintelkam Diduduki Irjen Djoko

Kapolri Jenderal Sutarman kembali merotasi para perwira tinggi (Pati) di lingkungan Korps Bayangkara.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Sutarman kembali merotasi para perwira tinggi (Pati) di lingkungan Korps Bayangkara. Pati Polri yang dirotasi untuk menduduki jabatan baru di antaranya adalah Irjen Pol Djoko Mukti Haryono sebagai Kepala Badan Intelejen dan Keamanan (Kabaintelkam) menggantikan Komjen Pol Suparni Parto yang dimutasi sebagai Pati Yanma yang segera pensiun. Djoko sebelumnya menjabat Wakil Kabaintelkam.

Selain Kabaintelkam, Sutarman juga melantik Asisten Sarana dan Prasarana Polri, Kapolda Sumatera Selatan, Kapolda Bengkulu, dan Kapolda Sulawesi Tengah, di Ruang Rapat Utama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (9/10/2014).

Dari telegram rahasia Kapolri nomor ST/1956/X/2014 tertanggal 3 Oktober 2014, para Pati Polri yang dimutasi jabatan baru dan sebagian memasuki masa pensiun.

Adapun Pati yang dimutasi yakni Irjen Pol Tubagus Anis Angkawijaya menjadi Sahlisospol Kapolri, dari sebelumnya Asisten Kapolri Bidang Sarana dan Prasarana (Assarpras). Kemudian Assarpras dijabat Irjen Pol Erry Subagyo yang sebelumnya Staf Ahli Manajemen (Sahlijemen) Kapolri.

Sedangkan Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Saud Usman Nasution menjadi Pati Bareskrim Polri, persiapan menjadi Kepala BNPT. Pengganti Saud, Irjen Pol Iza Fadri menjadi Kapolda Sumsel dari sebelumnya Ketua STIK Lemdikpol.

Lalu, Brigjen Pol Rycko Amelza Dahniel menjadi Ketua STIK Lemdikpol, dari sebelumnya Wakapolda Jawa Barat. Pengganti Rycko diisi Brigjen Pol Mochammad Taufik yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro PID Divisi Humas Polri.

Jabatan Taufik diisi Kombes pol Zahirwan Mirza yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Kepulauan Bangka Belitung. Kemudian Kapolda Sulawesi Tengah Brigjen Pol Ari Dono Sukmanto menjadi Sahlijemen Kapolri. Penganti Ari Dono, Brigjen Pol Idham Azis yang sebelumnya Dirtipidkor Bareskrim Polri.

Sedangkan Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Tatang Somantri dimutasi dalam rangka pensiun menjadi perwira tinggi di Pelayanan Markas Polri, jabatan yang ditinggalkannya diisi Brigjen Pol Ghufron yang sebelumnya Karobinopsnal Baharkam Polri.

Pengganti Gufron diisi Brigjen Pol Sudjarno yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Metro Jaya. Jabatan yang ditinggalkan Sudjarno diisi Brigjen Pol Nanda Jumantara yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Gubernur Akademi Kepolisian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini